Perkumpulan Tokoh Banten Galang Dana Untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Perkumpulan Urang Banten (PUB), komunitas tempat berkumpulnya tokoh Banten menggalang donasi untuk mengurangi beban penderitaaan korban tsunami Selat Sunda yang terjadi, Sabtu (22/12/2018). Dana itu dikumpulkan dari masyarakat di dalam negeri maupun luar negeri.

“Sebagai ummat beragama harus memiliki empati dan bereaksi dengan cepat untuk membantu para korban, agar terhindar dari sinyalemen orang yg lalai dalam beragama dalam sebuah ayat di Al Qur’an,” ungkap Taufiequrachman Ruky selaku ketua organisasi Perkumpulan Orang Banten (PUB).

Taufik Ruky selaku tokoh Banten menyampaikan hal tersebut pada hari jum’at 28 Desember di posko logistik utama PUB di Cipeucang dalam rapat evaluasi bantuan bencana yang digalang oleh PUB. Sejak bergerak hari minggu 23 Desember, PUB telah melakukan penyerahan bantuan hingga ke peloksok daerah bencana yakni daerah ujung jaya kecamatan sumur.

Baca: PBCI dan PAS Salurkan Bantuan Bagi Korban Tsunami Selat Sunda di Banten

Taufik Ruki menyampaikan bahwa prioritas PUB saat ini adalah fokus terhadap korban bencana yang ada di pengungsian seperti kebutuhan pangan, MCK dab bantuan selanjutnya, adalah kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan fasilitas peribadatan dan pendidikan, serta kegiatan trauma healing bagi korban bencana.

“Ketika kegiatan rekonstruksi, kami akan ber kordinasi dengan pihak pemerintah daerah agar tepat sasaran dan memiliki nilai manfaat yang besar” tambah Laksamana Eden Gunawan selaku sekretaris umum PUB.

Melihat kondisi Gunung Anak Krakatau yang masih erupsi maka kewaspadaan dan kehati hatian masyarakat dan pera relawan harus selalu ditingkatkan untuk menghindari kejadian yang tidak diharapka. (Siaran Pers PUB)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait