Dispora Banten Lakukan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara

Sebanyak 40 pemuda dan pemudi mengikuti seleksi program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang digelar di Gedung PKPRI, Kota Serang, Rabu-Kamis (10-11/4/2019). Dari 40 itu, akan dipilih 3 orang yang akan diikutsertakan dalam seleksi tingkat nasional.

“Saya minta agar pemuda dan pemudi untuk mengerahkan kemampuannya dan menampilkan yang terbaik agar bisa menjadi Duta Banten di tingkat nasional,” kata Deden Apriandhi Herawan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten yang membuka kegiatan seleksi itu, Rabu (10/4/2019).

Deden mengatakan, seleksi untuk PPAN merupakan program Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dispora Banten dalam hal ini hanya bertugas untuk menyeleksi dan mengirimkan duta-dutanya agar bisa ikut dalam program di tingkat nasional dan menjadi duta di negara lain.

Baca: 45 Calon Angota KI Banten Jalani Psikotes dan Dinamika Kelompok

Program itu antara lain Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPIA) yang diikuti pemuda berusia 21-23 tahun dengan fase pertukaran selama 4 bulan. Pertukaran Pemuda Indonesia Korea Selatan (PPIKor) dengan usia 18-24 tahun selama 20 hari. Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia (PPIM) diikut pemuda usia 23-27 tahun selama 1 bulan. Singapore Indonesia Youth Leadership Exchange Program (Siyep) dengan usia 22-30 tahun, Ship For Southeast Asian and Japanes Youth Programe dengan usia 18-30 tahun selama 53 hari.

Indonesia Canada Youth Exchange Programe berusia 16-25 tahun dengan fase 3 bulan. Indonesia China youth Exchange Programe berusia 18-28 tahun selama 10 hari di Tiongkok. Asean Studen Visit India dengan usia 18-24 tahun dilaksanakan selama 10 hari di India. (Adityawarman)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait