Sosial

DLH Kota Serang Pembenahan Kembali TPAS Cilowong tahun 2023

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Serang pada tahun 2023 merencanakan pembenahan TPAS Cilowong, Kecamatan Taktakan Kota Serang.

Pembenahan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah di Cilowong antara lain, pembangunan TPT, drainase, jalan beton, pemagaran dan pembangunan Ipal.

Kepala TPAS Cilowong, Agam mengatakan, bahwa pihaknya setiap tahun terus melakukan pembenahan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah agar lebih baik dari sebelumnya.

Sehingga Tempat Pemrosesan Akhir Sampah bisa di manfaatkan bukan hanya tempat Pemrosesan sampah tapi juga dapat di jadi sarana wisata atau lainnya.

“Tiap tahun kita terus pembenahan agar TPAS lebih baik lagi, sehingga tertata dengan baik,” ungkap Agam. Sabtu (25/2/2023).

Agam menuturkan, di TPAS Cilowong sering mengalami kejadian bencana longsor, sehingga harus ada tembok penahanan tanah (TPT) untuk mengantisipasi longsor.

“Di tahun 2023, kami juga mengajukan untuk pembangunan TPT, karena sering longsor,” terangnya.

Diketahui, pada tahun 2022 di Tempat Pemrosesan Akhir Sampah di Cilowong, Kecamatan Taktakan sudah merenovasi hanggar, workshop dan juga pengadaan alat berat (Ekskavator) .

Pembenahan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah di Cilowong ini
menggunakan anggaran dana silfa tahun 2021 dari anggaran Bantuan Pemerintah Tanggerang Selatan.

Sebelumnya, UPT TPAS Cilowong akan melakukan rehab tempat pembuangan akhir sampah di Taktakan, Kota Serang agar kondisinya tetap bisa digunakan. Biaya rehab itu sekitar Rp2,5 miliar.

Kepala UPT TPAS Cilwong, Agam yang ditemui, Jumat (19/8/2022) membenarkan, biaya perbaikan atau rehab tersebut berasal dari dari dana hasil kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) dengan Pemkot Serang atas pembuangan sampah Tangsel ke Cilowong tahun 2021. (Baca Selengkapnya: TPAS Cilwong Direhab, Biaya Berasal Bantuan Sampah Tangsel). Aden Hasanudin

Editor: Abdul Hadi

Aden Hasanudin

SELENGKAPNYA
Back to top button