Gempa 7,4 SR di Sumur, Waspada Berpotensi Tsunami

Masyarakat Kota Serang, Banten, merasakan guncangan gempa cukup kencang, hingga keluar rumah dan bangunan kantor, menyusul gempa itu berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) di daerah Sumur, Kabupaten Pandeglang, dengan kedalaman 10 Km, Jumat (2/08/2019), sekitar pukul 19.03 WIB.

Keterangan BMKG menyebutkan, gempa itu berpotensi tsunami. BMKG meminta masyarakat waspada untuk daerah Pandeglang, Lebak, Lampung hingga Bengkulu sebelah selatan. Waktu gelombang tsunami bisa berbeda-beda dalam suatu daerah.

Guncang kencang memang dirasakan di Kota Serang. “Saya lagi enak-enak tidur, goyang, saya kira kenapa, taunya gempa,” kata Iman, penghuni kosan di daerah Cipocok, Kota Serang, Banten, saat ditemui dilokasi, Jumat (02/08/2019).

Begitupun yang dirasakan Dimas, dia menghentikan laju mobilnya ketika merasakan guncangan gempa saat akan pulang ke rumahnya. “Saya pikir ban mobil saya masalah, tau nya gempa,” ujar Dimas, saat ditemui dilokasi yang sama, Jumat (02/08/2019).

Bahkan Banco, pengendara sepeda motor dari Lebak menuju Tigaraksa, Kabupaten Tangerang pun ikut menghentikan kendaraannya. Dia merasakan guncangan gempa yang kuat. “Pas saya jalan kan goyang, saya enggak tau kenapa tadinya. Tau nya ada gempa pas di cek,” ujar Banco, Jumat (02/08/2019).

Baca:

Hingga Jawa Barat

Gempa sendiri dirasakan hingga wilayah Jawa Barat, seperti yang dikatakan oleh Aryo Wibisono, mahasiswa dari Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani). “Kenceng banget. Lagi di dalem kosan kaget,” ujar Aryo, melalui sambungan selulernya, Jumat (02/09/2019).

Begitpun mahasiswa dari Untirta Banten yang sedang melakukan KKN di Kecamatan Warung Gunung, Kabupaten Lebak. Kelompok KKN nya keluar posko lantaran kaget.

“Iya kerasa kenceng banget. Keluar semua temen-temen juga,” kata Zainatus Sollihati, salah satu mahasiswa KKN dari Untirta, melalui pesan singkatnya, Jumat (02/08/2019).

BMKG merilis goa berkekuatan 7,4 SR yang terjadi sekitar pukul 19.03 wib. Lokasinya berada di 147 km Barat Daya Sumur, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. Gempa tersebut berpotensi tsunami. Tsunami sendiri pernah menghantam pesisir Banten pada 22 Desember 2018 silam. (Yandi Deslatama)

Berita Terkait