Militer

Gowes Bersama, Waka Staf AL Kunjungi Markas Menkav 2 Mar

Prajurit “Lapis Baja” Resimen Kavaleri 2 Marinir menerima kunjungan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal), Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono dalam rangka Olahrga Gowes Bersama Koamada II di Kesatrian marinir Soepraptono, Menkav 2 Mar, Semarung, Ujung Surabaya, Selasa (9/11/2021).

Kedatangan Wakasal ini didampingi pejabat utama Mabes AL dan para Pangkotama TNI AL disambut Wadan Pasmar 2, Kolonel Mar Purwanto Djoko Prasetyo dan Komandan Resimen Kavaleri 2 Marini (Danmenkav 2 Mar), Kolonel Marinir Kukung Priyambodo, para Asisten Danpasmar 2 dan perwira staf Menkav 2 Mar, Dansatlak dan perwira di jajaran Menkav 2 Mar.

Wakasal disuguhkan dengan demonstrasi beladiri militer dan perkelahian sangkur, dilanjutkan dengan peninjauan Kesatrian Marinir Soepraptono antara lain Kondisi kesiapan Alutsista, sarana dan prasarana di antaranya kolam uji kedap Kendaraan Tempur, Gedung Mayon Kapa 2 Mar diteruskan ramah tamah di Cavalry Sport Center.

Baca Juga:   Latihan Marinir di Surabaya, Dari Ponton Improvisasi Hingga Kesehatan

Sambil istirahat setelah gowes bersama, Wakasal menyampaikan santiaji dan motivasi kepada prajurit Lapis Baja.

”Tingkatkan profesionalisme sebagai prajurit petarung Korps Marinir, Teruskan perjuangan kalian, jaga kesehatan diri untuk melaksanakan tugas, jaga kebahagiaan keluarga dan jaga keharmonisan rumah tangga prajurit sekalian, karena hal tersebut merupakan kunci dari pada kehidupan,” pesannya.

Sebelumnya, Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar) Kolonel Marinir Kakung Priyambodo, bersama para Perwira di jajarannya menanam pohon mangrove di Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, Surabaya Utara, Jawa Timur, Kamis (04/11/2021) (Baca: Menkav 2 Mar Tanam Pohon Mangrove di Tambak Wedi).

Kegiatan yang bertujuan untuk menjaga paru-paru dunia ini diawali dengan olahraga sehat gowes bersama di Suramadu dilanjutkan dengan penanaman mangrove dan bersih-bersih pantai di Suramadu sisi selatan.

Mangrove adalah suatu tipe hutan yang tumbuh di daerah pasang surut, terutama di pantai yang terlindung, laguna dan muara sungai yang tergenang pada saat pasang dan bebas dari genangan pada saat surut yang komunitas tumbuhannya bertoleransi terhadap salinitas.

Baca Juga:   Danyonkapa 2 Mar Pimpin Upacara Bela Negara Ke-17

Hutan pohon ini memiliki fungsi dan manfaat secara fisik, ekologis dan ekonomis. Secara fisik manfaat mangrove antara lain, sebagai perlindungan terhadap sedimentasi, abrasi dan intrusi air laut, penahan badai dan angin yang bermuatan garam, serta untuk menurunkan emisi karbon.

(Munawir – Menakv 2 Mar / Editor: Iman NR)

Latest posts by Iman NR (see all)
SELENGKAPNYA
Back to top button