Militer

Menkav 2 Mar Tanam Pohon Mangrove di Tambak Wedi

Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar) Kolonel Marinir Kakung Priyambodo, bersama para Perwira di jajarannya menanam pohon mangrove di Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, Surabaya Utara, Jawa Timur, Kamis (04/11/2021).

Kegiatan yang bertujuan untuk menjaga paru-paru dunia ini diawali dengan olahraga sehat gowes bersama di Suramadu dilanjutkan dengan penanaman mangrove dan bersih-bersih pantai di Suramadu sisi selatan.

Mangrove adalah suatu tipe hutan yang tumbuh di daerah pasang surut, terutama di pantai yang terlindung, laguna dan muara sungai yang tergenang pada saat pasang dan bebas dari genangan pada saat surut yang komunitas tumbuhannya bertoleransi terhadap salinitas.

Hutan pohon ini memiliki fungsi dan manfaat secara fisik, ekologis dan ekonomis. Secara fisik manfaat mangrove antara lain, sebagai perlindungan terhadap sedimentasi, abrasi dan intrusi air laut, penahan badai dan angin yang bermuatan garam, serta untuk menurunkan emisi karbon.

Baca Juga:   Menkav 2 Mar Kirim Pasukan Dukung TMMD Ke-110 di Jatim

Secara ekologis hutan mangrove berfungsi sebagai tempat hidup, perlindungan dan sumber pakan bagi biota laut dan spesies yang ada di sekitarnya.

Sedangkan secara ekonomis hutan tanaman ini berfungsi sebagai tempat rekreasi wisata, sumber bahan baku untuk bangunan dan kayu bakar serta sebagai sumber mata pencaharian masyarakat sebagai nelayan penangkap ikan, udang, kepiting dan lainnya.

Danmenkav 2 Mar menyampaikan, kegiatan Gowes dilanjutkan pembersihan pantai dan penanaman mangrove ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap lingkungan alam, khususnya pesisir pantai dan sekitar pantai Suramadu.

Jembatan Suramadu menjadi ikon Kota Surabaya sekaligus tujuan wisata, untuk itu kebersihan pantai dan hijaunya tumbuhan bakau akan memberikan nilai lebih sebagai daerah tujuan wisata.

“Penanaman mangrove ini merupakan karya nyata prajurit Kavaleri Korps Marinir peduli terhadap lingkungan dan alam sekitar kita,” katanya. (Munawir – Menkav 2 Mar / Editor: Iman NR)

Baca Juga:   Perwira Menbanpur 2 Marinir Laksanakan Samapta di MSC Surabaya

SELENGKAPNYA
Back to top button