Gubernur Cek Lokasi Acara HUT di Kawasan Banten Lama

Gubernur Banten Wahidin Halim mengecek kesiapan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Banten, 4 Oktober 2018 besok. Peringatan HUT ke-18 Banten untuk pertama kalinya akan digelar di Kawasan Kesultanan Banten (KSKB) di Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Kawasan ini juga saat ini sedang dilakukan revitalisasi oleh Pemprov Banten.

“Insyaallah tanggal 4 Oktober besok kita peringati HUT Banten disini (Kesultanan Banten),” kata Gubernur WH saat meninjau persiapan acara HUT Banten, Rabu, (03/10/2018).

Gubernur menjelaskan, selain apel peringatan HUT ke-18 Banten dikawasan yang sedang direvitalisasi ini juga akan digelar pesta rakyat banten yang boleh diikuti oleh seluruh masyarkat banten. Menurutnya, peringatan ini disebut sekaligus menjaga momen kejayaan sejarah Banten Lama terkini.

“Nanti pas acara tanggal 4 Oktober kita akan mengenakan pakaian kesultanan Banten. Ini memang untuk menandakan bahwa kejayaan Banten Lama harus kembali,” ujarnya.

Menurut Wahidin Halim, masyarakat sekitar juga akan diberdayakan. Pemprov Banten juga sudah mengantongi solusi kepada masyarakat yang sampai sekarang kerap dimintai uang dari orang yang berada di sekitar kawasan sejarah Banten Lama.

Baca: Revitalisasi Banten Lama Tak Libatkan Kesultanan dan KH Tb Fathul Adzim

“Saya ingin kalau Banten Lama maju. Masyarakat Banten juga akan maju sesuai dengan semangat para Wali dan Kesultanan atau Raja di Banten terdahulu,” sambungnya.

Ia menyebut masyarakat sekitar juga harus mengubah pola pikir untuk maju. Sehingga keberadaan yang dulu dan pasca-revitalisasi bisa mengangkat harkat rakyat Banten. “Ayo datang pas acara HUT Banten, memang pada momen itu proses pembangunan belum semuanya selesai. Tapi di tahun ini akan rampung bisa dinikmati bersama,” papar mantan Wali Kota Tangerang dua periode ini.

Sebelumnya Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah juga meninjau kawasan banten lama. Asep menyebutkan, rangkaian kegiatan HUT Ke-18 Provinsi Banten akan diawali dari Kawasan Kesultanan Banten. Kegiatan ini diawali dengan Ziarah ke Makam Sultan Maulana Hasanuddin kemudian dilanjutkan dengan upacara peringatan hari jadi ke-18 Provinsi Banten dan Rapat Paripurna Istimewa Peringatan HUT ke-18 Banten di Gedung DPRD Banten.

“Insyallah tanggal 4 Oktober besok pak gubernur akan mengadakan kegiatan rangkaian HUT Banten diawali dari sini,” kata Asep.

Asep menjelaskan, meski secara keseluruhan proses pembangunan di Banten lama belum selesai, namun dirinya meyakini Gubernur Banten, Wahidin Halim ingin memperlihatkan semangat perubahan kepada masyarakat Banten.

Apalagi nantinya setelah anggaran 2018 revitalisasi kawasan Banten Lama rampung menurut mantan Wakil Ketua Komisi II DPR-RI ini akan ada pembangunan pengayaan keidentikan sejarah yang pernah menjadi simbol kejayaan Islam di Banten. (Subag Peliputan dan Dokumentasi Biro ARTP Pemprov Banten)

Next Post

Pemprov Gelar Upacara Peringatahan HUT ke-18 di Lapangan Kawasan Banten Lama

Kam Okt 4 , 2018
Pemprov Banten memeringati hari ulang tahunnya ke 18 dengan menggelar upacara di lapangan Alun-alun Masjid Kawasan Banten Lama di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Kamis (4/10/2018). Lapangan alun-alun yang semula rumput diubah menjadi marmer granit dan dihiasi payung ala Madinah yang merupakan bagian dari revitalisasi Kawasan Banten Lama. “Ini titik awal […]
Foto: Subag Peliputan dan Dokumentasi Pemprov