Inspeksi Menbanpur 2 Mar, Yonzeni Siapkan Isolasi dan Satgas Yonkes

Danmenbanpur 2 Mar Inspeksi Ruang Isolasi Sidoardjo

Ruang isoloasi di Mal Sidoardjo sebanyak 129 ruangan siap dioperasikan, Rabu (10/6/2020), setelah prajurit Yon Zeni 2 Mar 6 hari dikebut tanpa lelah. Komandan Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir( Menbanpur 2 Mar) Kolonel Marinir Citro Subono menginspeksi ruang isolasi yang dibuat prajurit Yon Zeni.

Inspeksi didampingi Danyonzeni 2 Mar Letkol Marinir I Nyoman Polih, Kadinkes Sidoarjo drg.Syaf Satriawarman, Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito dan Sekretaris Dinkes Sidoarjo dr Zuhaida. Ruang isolasi pasien Covid 19 berada di gedung mall pelayanan publik Kabupaten Sidoarjo.

Danmenbanpur 2 Mar menjelaskan, seluruh fasilitas siap digunakan di antaranya 129 kamar isolasi , ruang emergency, ruang ganti APD, instalasi listrik, dan perlengkapan kamar mandi / WC. Eskalator di mal itu ditutup agar lantai 1 gedung MPPS ini tidak terpapar virus Covid19. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Baca:

Danyonzeni 2 Mar menginspeksi persiapan terakhir pengoperasian 129 ruang isolasi di mal Sidoarjo. Foto: Yosafat RH/Menbanpur

Yonzeni: 129 Ruang Isolasi Siap Dioperasikan

Komandan Batalyon Zeni 2 Marinir (Yonzeni 2 Mar) Letkol Mar I Nyoman Polih menginspeksi terakhir ruang isolasi yang dibuat prajuritnya. Inspeksi didampingi Kadinkes Sidoarjo drg Syaf Satriawarman, Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito dan Sekretaris Dinkes Sidoarjo dr Zuhaida, Rabu(10/06/2020)

Danyonzeni 2 Mar menjelaskan, sebanyak 129 kamar isolasi, ruang emergency, ruang ganti APD, instalasi listrik, dan perlengkapan kamar mandi / WC siap digunakan. Eskalator mal ditutup agar lantai 1 gedung MPPS ini tidak terpapar virus Covid19.

Kadinkes Sidoarjo berterimakasih kepada Pasmar 2, khususnya bagi prajurit Yonzeni 2 Mar yang membangun ruang isolasi. Ruang isolasi ini bisa meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat kabupaten Sidoarjo. Fasilitas ini menjadi rujukan pasien Covid19. Karena saat ini rumah sakit rujukan telah kelebihan kapasitas.

“Rencananya hari ini dilaksanakan rapid tes bagi masyarakat Sidoarjo, jika ada yang dinyatakan positif, maka pada Kamis, akan langsung ditempatkan di ruang isolasi.” jelas Kadinkes Sidoarjo. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Danyonkes 2 Mar mengelar apel pemberangkatan Satgas Covid 19 untuk bertugas di ruang isolasi mal Sidoarjo. Foto: Yosafat RH / Menbanpur

Yonkes Apel Pemberangkatan Satgas Covid 19

Komandan Batalyon Kesehatan 2 Marinir (Danyonkes 2 Mar) Mayor Laut (K) dr Abdul Haris memimpin apel pemberangkatan Satgas Kesehatan Penanggulangan Covid-19 MPPS (Mall Pelayanan Publik Sidoarjo) di Lapangan Cobra Yonkes 2 Mar, Kesatrian Marinir, Karangpilang, Surabaya, Rabu (10/6/2020).

Pelaksanaan apel pelepasan pasukan ini adalah bentuk kesiapan Yonkes 2 Mar dalam menyiapkan prajuritnya berangkat menuju gedung isolasi Covid-19 di Mall Pelayanan Publik (MPP) Jalan lingkar timur, Bluru kidul, Sidoarjo, untuk membantu perawatan pasien isolasi Covid-19.

Danyonkes 2 Mar mengatakan, tim satgas kesehatan penanggulangan Covid-19 merupakan wujud kesiapan untuk menjalankan tugas dan fungsi Yonkes 2 Mar. Tim Satgas ini berfokus pada bantuan kesehatan yang membantu dalam menanggulangi wabah Covid-19.

“Apel pelepasan siaga ini juga untuk mengecek kesiapan dan kekuatan personel Yonkes 2 Mar, serta peralatan yang perlu disiapkan dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Sidoarjo”, ujar Danyonkes 2 Mar. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Prajurit Yonkes 2 Mar berlatih penyelamatan salah satu anggota yang terkena serangan gangguan kesehatan. Foto: Yosafat RH/ Menbanpur

Yonkes 2 Mar: Latihan Penyelamatan Anggota

Saat pelaksanaan binsik lari pagi, tiba-tiba salah satu anggota mengalami gangguan pada pernapasan mengakibatkan pingsan di depan Batalyon Kesehatan 2 Marinir (Yonkes 2 Mar) Kesatrian Marinir Karangpilang, Surabaya, Rabu (10/06/2020).

Kejadian tersebut merupakan skenario dalam rangkaian Latihan Perorangan Kesenjataan (LPK) yang digelar Yonkes 2 Mar untuk mengantisipasi bila terjadinya kondisi kegawatdaruratan yang berhubungan dengan jantung paru.

Penanganan Kegawatdaruratan Jantung pun segera dilaksanakan dengan cara memberi bantuan hidup dasar Basic Trauma Cardiec Life Suport (BTCLS). Tindakannya Resusitasi Jantung Paru (RJP). Tindakan ini merupakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti nafas oleh sebab-sebab tertentu, di antaranya orang tenggelam, serangan jantung, sesak nafas karena syok akibat kecelakaan terjatuh dan lain-lain.

Danyonkes 2 Mar Mayor Laut (K) dr. Abdul Haris menyampaikan kepada seluruh prajurit Yonkes 2 Mar agar benar-benar memperhatikan dengan sungguh-sungguh materi yang disampaikan, karena musibah datang selalu tanpa ada pemberitahuan.

Danyonkes 2 Mar menjelaskan, dengan mengetahui teknik maupun cara penanganannya, maka secara tidak langsung dapat menyelamatkan penderita serangan jantung dari cedera otak maupun kehilangan nyawa. Fakta menunjukkan bahwa lebih dari separuh pasien yang terkena serangan jantung, tidak mendapatkan pertolongan pertama dikarenakan kurangnya pemahaman tentang RJP. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Berita Terkait