Militer

Prajurit Pendaratan Amfibi Uji Renang di Dermaga Surabaya

Prajurit Pendaratan Amfibi atau Yonranratfib 2 Mar menjalankan uji nilai perorangan dasar (UNPD) materi renang triwulan I tahun anggaran 2023 di Dermaga Sea Rider Koarmada II, Ujung, Surabaya, Selasa (31/1/2023).

Pelaksanaan UNPD ini dengan semangat kebanggaan sebagai prajurit matra laut dan dipimpin oleh Lektol Mar Aloysius Yogandhi.

Pada uji renang laut sejauh 500 meter yang disaksikan langsung oleh tim penilai dari Komando Latih Marinir (Kolatmar), berbekal pembinaan selama di satuan, prajurit pendaratan amfibi mampu menuntaskan uji renang laut tersebut dengan menggunakan gaya dada atau lebih populer dengan sebutan gaya katak.

Komandan Yonranratfib 2 Marinir menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk membuktikan bahwa prajurit memiliki kemampuan aspek laut yang teruji.

Juga bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur unsur laut serta keterampilan prajurit dalam mewujudkan kesiapan sebagai penunjang penugasan di masa mendatang.

“Manfaatkan kegiatan uji ini dengan penuh semangat sebagai sarana dalam memenuhi kebutuhan prajurit untuk menjaga kekuatan fisik maupun ketahanan khusus ketika prajurit berada di air dengan tetap memprioritaskan faktor keamanan dan keselamatan,” ujarnya.

Hadir meninjau kegiatan uji renang laut Dankolatmar Kolonel Mar I. Made Sukada, Danmenkav 2 Mar Kolonel Mar Muhammad Rizal, Wadanmenkav 2 Mar Letkol Mar La Ode Jimmy Herizal dan Danpuslatsus Letkol Mar M. Pri Airudin.

Sebelumnya, Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi (Yonranratfib) 2 Mar menguji instalasi pemasangan suku cadang tracklink Ranpur LVT – 7A1 di garase Ranpur Yonranratfib 2 Mar, Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung Ujung, Surabaya, Kamis (12/1/2023).

Ini dalam rangka menunjang mobilitas Ranpur, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan prajurit (Baca: Yonranratfib 2 Mar Uji Pemasangan Instalasi Tracklink Ranpur LVT).

Komandan Yonranratfib 2 Marinir, Letkol Mar Aloysius Yogandhi Nugroho menyampaikan, Tracklink sebagai salah satu komponen utama Ranpur yang memiliki fungsi sebagai tumpuan roda penggerak maupun roda jalan.

Sehingga Ranpur mampu bergerak untuk melakukan perpindahan tempat atau manuver lapangan. (Ahmad Munawir – Menkav 2 Mar)

Editor: Iman NR

Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button