Jajaran Polres Serang Tanam Pohon, Implementasi Kebijakan Kapolri

Polres Serang berserta jajarannya menanam pohon di Mapolres Serang, Jumat (10/1/2020). Ini sebagai Implementasi Program Penghijauan Kapolri.

Turut serta dalam penanaman pohon perwakilan Bupati Serang, Kodim 0602 Serang, Wakil Ketua MUI dan ormas Pemuda Kabupaten Serang serta mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Serang Utara (Gamsut).

Gerakan penanaman pohon ini sebagai implementasi arahan kebijakan Kapolri tentang dukungan penghijauan lingkungan.

“Kegiatan ini dilakukan secara nasional oleh jajaran kepolisian di seluruh Indonesia,” kata Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan.

Gerakan penanaman pohon merupakan bukti kecintaan dan kepedulian Polri terhadap bumi.

“Kita menyadari bahwa keberadaan pohon memiliki peranan penting sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan kebutuhan pangan dan sumber energi serta penghasil oksigen,” katanya.

Kata Kapolres, penanaman pohon memiliki banyak manfaat seperti menambah produksi oksigen, mengurangi CO2 dan polutan lainnya serta menjadi sumber pangan.

Kapolres menjelaskan saat ini hutan telah banyak mengalami kerusakan akibat penebangan pohon secara liar yang mengakibatkan hutan menjadi gundul.

Kerusakan hutan menimbulkan bencana yang merugikan masyarakat banyak seperti yang terjadi baru-baru ini di wilayah Kabupaten Serang dan Lebak. Pada musim kemarau pun, masyarakat juga kesulitan mendapatkan air bersih.

“Sebagai yang telah diwariskan nenek moyang kita, melalui gerakan penanaman pohon, mari hijaukan kembali bumi nusantara yang kita cintai ini demi masa depan anak cucu kita,” tandas Indra Gunawan.

Gerakan Polres Serang Peduli Penghijauan, selain dilakukan di Mako Polres Serang, juga akan dilaksanakan secara berkelanjutan di seluruh halaman Polsek serta rumah-rumah dinas jajaran Polres Serang maupun rumah pribadi.

“Kita juga sudah merencanakan untuk melakukan penghijauan di lokasi rawan bencana yang membutuhkan pohon,” ungkap Kapolres.

Kapolres juga menekankan perlunya perawatan terhadap pohon-pohon yang telah ditanam agar dapat tumbuh besar. “Yang terjadi saat ini, biasanya kita hanya semangat menanamnya namun tidak diikuti semangat merawat. Jadi saya tekankan perlunya perawatan, jangan sampai pohon itu mati apalagi hilang,” tandasnya. (yono)

Berita Terkait