Kapolda Banten Serahkan Kendaraan Hilang

Foto; Yono

Raut wajah haru dan bahagia terlihat jelas di wajah Bambang, 30, warga Depok, Jawa Barat, saat Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyerahkan kendaraan Toyota Avanza miliknya yang sempat hilang. Begitu bahagianya, pria yang memiliki cacat fisik dan bertongkat ini tak kuasa menahan tangis. Pemilik kendaraan rental ini bahkan langsung bersujud di kaki Kapolda Banten.

Belum sempat wajah Bambang menyentuh sepatunya, Jenderal bintang satu ini langsung jongkok meraih dan memeluk tubuh Bambang agar tidak melakukan itu. Ucapan terima kasih yang keluar berulang-ulang dari mulut Bambang ikut menghanyutkan mantan ajudan Presiden RI Joko Widodo dalam keharuan.

“Saya bahagia kendaraan yang menjadi tumpuan keluarga bisa ditemukan dalam waktu yang cukup singkat. Terima kasih kepada Kapolda dan seluruh jajaran Polda Banten yang telah membantu menemukan kendaraan saya,” ungkap Bambang, salah satu dari 21 pemilik kendaraan saat menerima kembali kendaraannya, Sabtu (25/11/2017).

Menurut Bambang, kendaraan Avanza miliknya hilang setelah dirental oleh penyewa pada Oktober lalu. Sebelum melaporkan kepada pihak kepolisian, Bambang mengaku sempat berusaha mencari-cari si pelaku. Upaya mendapatkan kembali kendaraannya tak membuahkan hasil, sampai akhirnya korban melaporkan kasus penggelapan itu ke kepolisian.

“Saya sempat frustasi dan berpikir kendaraan saya tak akan bisa kembali,” ungkap Bambang.

Jenderal bintang ini menambahkan masih tersia 4 unit mobil dan 103 unt motor yang belum diketahui pemiliknya. Pada kesempatan itu, Kapolda meminta kepada para jurnalis agar membantu memberikan informasi kepada masyarakat jika pernah kehilangan kendaraannya agar segera datang ke Mapolda Banten untuk melihat dengan membawa bukti kepemilikan.

“Kepada masyarakat yang pernah kehilangan kendaraan silahkan datang dan periksa. Jika ada yang dikenali silahkan beritahu peyidik dengan membawa bukti kepemilikan,” tambah Kapolda.

Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa kendaraan yang diserahkan kepada pemiliknya ini merupakan hasil Operasi Kejahatan Kendaraan (Jaran) Kalimaya 2017 yang digelar selama 2 minggu pada bulan Nopember. Dikatakan Kapolda dari 12 unit mobil dan 116 motor yang berhasil didapat, 8 mobil dan 13 motor sudah diketahui pemiliknya.

“Untuk kendaraan yang sudah diketahui, kita serahkan kepada pemiliknya tanpa ada biaya sepeserpun,” tegas Kapolda didampingi Wakapolda Kombes Pol Tomex Korniawan dan Kasatgas Gakkum, AKBP Sofwan Hermanto disela-sela acara penyerahan barang bukti kendaraan kepada pemilik di Mapolda Banten.

Kapolda juga mengingatkan bahwa kejadian yang pada masa lalu, kiranya dapat dijadikan pelajaran berharga agar aksi kejahatan tidak terulang lagi. Untuk pemilik roda empat, lengkapi kendaraan dengan alarm atau GPS, bagi pemilik kendaraan roda dua, jangan parkir disembarang tempat dan kendaraan harus dikunci ganda.

“Jadi kejadian masa lalu bisa dijadikan pembelajaran. Kedepan kita harus lebih berhati-hati lagi,” ujar mantan ajudan Presiden RI Joko Widodo ini. (Yono)

Berita Terkait