Sepabola

Klub Milik Erick Thohir, Oxford United Promosi ke Divisi Championship Inggris

Oxford United, klub sepak bola milik pengusaha asal Indonesia, Anindya Bakrie dan Erick Thohir, memastikan diri promosi ke Divisi Championship Inggris 2024-2025, setelah mengalahkan Bolton Wanderers 2-0 dalam final play off League One 2023-2024 di Stadion Wembley, Sabtu malam.

Dua gol kemenangan Oxford United diborong Josh Murphy pada menit ke-31dan pada menit ke-42 dan kedua gol itu pun terjadi berkat assist Ruben Rodrigues, demikian catatan resmi pertandingan League One.

Sukses Oxford United promosi ke Divisi Championship atau divisi yang tepat di bawah Premier League (EPL) itu disambut gembira Erick Thohir karena merupakan penantian panjang selama 25 tahun.

“Alhamdulillah, Oxford United memastikan tiket promosi ke Divisi Championship. Gol Josh Murphy membawa Oxford menang 2-0 atas Bolton Wanderers dalam laga final playoff League One di Wembley Stadium, London,” kata Erick Thohir yang juga Ketua Umum PSSI itu dalam keterangan tertulis, Minggu dinihari (19/5/2024).

Oxford United menjadi tim ketiga yang berhak promosi ke Divisi Championship, setela sebelumnya, Portsmouth dan Derby County sudah menyegel tempat seusai finis sebagai juara dan runner-up klasemen reguler League One 2023/2024.

Klub berjuluk The Yellows menduduki peringkat ke-5 klasemen League One 2023/2024 sehingga berhak tampil di babak playoff bersama tiga tim lain yang ada di posisi 3-6 musim reguler, yakni Bolton Wanderers, Peterborough United, dan Barnsley.

Babak playoff menggunakan format knockout dan dalam babak empat besar dilakukan dua leg pertandingan sedangkan babak final sekali pertandingan yang dimainkan di tempat netral, Stadion Wembley.

Dalam babak empat besar play off, Oxford United menyisihkan Peterborough dengan aggregate 2-1. Dalam semifinal leg pertama, Oxford menang 1-0 dan bermain imbang dengan skor 1-1 dalam leg kedua.

Sukses ini membuat Oxford kembali bermain di Championship setelah 25 tahun lamanya. The U’s julukan Oxford terdegradasi musim 1998/1999 silam.

Tim asuhan Des Buckhingham itu merupakan klub yang kepemilikan saham mayoritasnya dikuasai orang Indonesia yakni Erick Thohir dan Anindya Bakrie. Keduanya jadi pemilik saham mayoritas sejak September 2022.

Erick dan Anindya mengambil alih saham dari pengusaha Thailand, Sumrith Thanakarnjanasuth yang kini jadi pemilik saham minoritas. Posisi Sumrith juga kinis udah digantikan oleh Grant Ferguson selaku pimpinan klub.

Oxford merupakan klub yang tergolong tua di tanah Inggris. Klub yang bermarkas di Stadion Kassam itu berdiri 131 tahun silam atau tahun 1893.

Sejak terbentuk, Oxford tercatat pernah merasakan sensasi bermain di kompetisi kasta tertinggi Negeri Ratu Elizabeth atau yang dulu dikenal dengan sebutan First Division. Momen itu terjadi pada era 1980-an.

Selain itu, Oxford kerap wara-wiri bermain di kompetisi kasta kedua, ketiga, dan keempat. Oxford juga tercatat pernah jadi juara Divisi Dua musim 1984/1985.

Sepanjang sejarah berdirinya klub, prestasi tertinggi Oxford didapat saat keluar sebagai juara Piala Liga. Klub yang identik dengan warna kuning itu melakukannya setelah menang telak 3-0 atas Queens Park Rangers pada 20 April 1986. (Dari berbagai sumber)

Editor Iman NR

Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button