Pencarian WNA China Tenggelam di Sangiang Diperluas Ke Lampung

Pencarian WNA China hingga ke Lampung

Pencarian tiga penyelam yang hilang di perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Banten diperluas hingga ke Lampung. Luasnya mencapai 1.800 nautical mile (NM) atau sekitar 3.330 Km.

Pada saat pemberitaan awal, data yang beredar ketiga penyelam yang hilang berkebangsaan Tiongkok. Terkini, hanya dua Warga Negara (WN) Tiongkok, yakni Qin Xue Tao dan Tian Yu. Sedangkan Wan Bzng Yang berkebangsaan Singapura.

Qin Xue Tao sendiri menjabat sebagai Project Officer (PO) Manajer, di PT Wuling Motor Indonesia.

“Pencarian sudah memasuki hari ke enam, jadi kita sudah mengcover areal seluas 1.400NM, hari ini bertambah 1.800NM. Melibatkan Basarnas Lampung juga, melibatkan alut (peralatan utama) nya,” kata Kepala Basarnas Banten, Muhammad Zaenal Arifin, ditemui di posko SAR Gabungan yang berlokasi di Dermaga 3 Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Jumat (08/11/2019).

Baca:

Banyak kendala yang dihadapi oleh tim SAR gabungan dari TNI AL, hingga Polairud Polda Banten untuk mecari tiga penyelam yang hilang di perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Banten.

Seperti ketiga korban masih menggunakan peralatan selam lengkap, yakni tabung oksigen dan ikat pinggang pemberat. Sehingga kemungkinan kecil mereka muncul dipermukaan.

“Korban masih menggunakan alat selam lengkap yang ada pemberatnya, sehingga posisinya mungkin muncul relatif agak susah, tenggelam pasti, bisa saja berada di dasarvperairan dan tersapu arus,” terangnya.

Selain itu, kondisi cuaca di Selat Sunda kerap kali berubah-ubah. Saat berangkat pencarian di pagi hari cuaca cerah dan ombak bersahabat. Namun ketika siang hari, ombak bisa berubah menjadi tinggi, arus bawah laut yang tadinya landai menjadi kuat hingga angin kencang yang datang tiba-tiba.

“Kondisi cuaca relatif berubah-ubah terus, kadang baik dak buruk. Kemudian memang areal pencarian semakin luas, sehingga fokusnya terpecahkan,” terangnya. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Jurnalis at MediaBanten.Com
Kecepatan dalam menyampaikan laporan adalah kelebihan lelaki ini yang bergabung dengan MediaBanten.Com awal tahun 2019. Berkutat dengan laporan dari satu peristiwa ke peristiwa keahlian yang ditekuni sejak beberapa tahun terakhir. Analisisnya tentang sebuah peristiwa terkadang membuat pihak lain terkaget-kaget. Karya jurnalistiknya disampaikan dengan kalimat pendek dan ringkas.
Yandhi Deslatama

Berita Terkait