Korps Marinir TNI AL Selenggarakan Flag Relay Sejauh 73 KM

Foto: Dispen Kormar

Korps Marinir TNI AL menyelenggarakan flag relay menempuh jarak 73 km menyusuri jalanan ibukota dari titik start di Markas Komando Korps Marinir Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun, Kwitang, Jakarta Pusat dan finish di Lapangan apel Brigif-1 Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dalam rangka menyemarakan Hari Lahirnya yang ke-73 tahun.

Flag Relay merupakan gerak jalan jarak jauh dalam bentuk peleton berantai dengan menggunakan Pakaian Dinas Lapangan Tempur (PDLT) lengkap mulai dari helm tempur, seragam dan sepatu PDL TNI, ransel tempur dengan beban minimal 8 kg dan senjata laras panjang /pistol (bagi Perwira) beserta kelengkapannya (3 magazen cadangan).

Kegiatan yang juga bertujuan untuk membina kemampuan fisik dan mental prajurit Pasukan Marinir 1 tersebut diikuti 15 tim/ peleton perwakilan masing-masing satuan yang ada di jajaran Pasukan Marinir 1. Setiap tim terdiri dari 30 personel dengan satu orang menjadi Komandan Peleton. Total yang terlibat dalam kegiatan ini termasuk 4 personel cadanga masing-masing peleton berjumlah 525 prajurit.

Tepat, Jumat kemarin (16/11/2018) pukul 19.30 WIB, Flag Relay dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 Korps Marinir dimulai diawali dengan acara pelepasan dari Mako Kormar oleh Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto.

Baca: Prajurit Intai Amfibi Marinir Temukan Blackbox Lion Air JT610 di Tanjung Karawang

Foto: Dispen Kormar

Dari Markas Komando Korps Marinir Jakarta tersebut, prajurit Marinir dengan membawa bendera kebanggaan Korps Marinir selanjutnya menyusuri jalanan ibukota sepanjang 73 km yang terbagi dalam 15 Check Point (CP) yang masing-masing berjarak 5 km. Jalan-jalan ibukota yang dilewati setelah start adalah Jl. Gunung Sahari (CP-1), Jl. RE Martadinata (CP-2), Jl. Enggano (CP-3), Jl. Cilincing Raya (CP-4), Jl. Kp. Sungai Tiram (CP-5), Jl. Inspeksi Kanal Timur (CP-6), Jl. Pinggir Dermaga (CP-7), Jl. Utama Harapan Indah (CP-8), Jl. Harapan Indah Raya (CP-9), Jl. Raya Pulo Gebang (CP-10), Jl. Perumnas Raya (CP-11), Jl. Jenderal Basuki Rahmat (CP-12), Jl. KH. Abdullah Syafei (CP-13), Jl. Mampang Prapatan (CP-14) dan terakhir Jl. Taman Margasatwa Raya (CP-15).

Ketika tiba di setiap CP, terjadi pergantian tugas pasukan dalam pembawaan bendera (relay) dari peleton satu ke peleton lainnya yang telah menunggu sebelumnya. Sedangkan pada jarak 3 km menjelang garis finish, tugas pembawa bendera Marinir dan bendera masing-masing satuan akan dibawa oleh rombongan pejabat Pasukan Marinir 1 di pimpin langsung Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han). Rombongan ini ditambah dengan seluruh peserta, tiba di garis finish di lapangan apel Brigif-1 Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (17/11/2018) tepat pukul 07.40 WIB.

Rombongan flag relay ini disambut Reog Ponorogo dan ratusan warga yang memadati lapangan dan tengah menikmati pameran dan kegiatan yang sedang berjalan dalam pesta bertajuk “Marinir Bersama Rakyat”. (Dispen Kormar)

Berita Terkait