Dandim Lebak: TMMD Untuk Membantu Pemda

Esensi kegitan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan langkah untuk membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam mensejahterakan masyarakat.

Hal itu disampaikan Dandim 0603/Lebak, Letkol Kav Yudha Setiawan saat rapat persiapan pelaksanaan kegiatan TMMD ke 106 yang akan dilaksanakan di Kecamatan Cileles pada tanggal 2 hingga 31 Oktober 2019, di Aula kantor DPMD Kabupaten Lebak, di Jalan Siliwangi Nomor 33, Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Jumat (20/9/2019).

Letkol Kav Yudha Setiawan mengatakan, sasaran TMMD diantaranya akan melaksanakan kegiatan fisik yakni membangun jalan poros desa sepanjang 7 kilometer dari Desa Cipadang hingga Desa Pasindangan, membangun rumah tidak layak huni (RTLH), memperbaiki sarana ibadah, membangun MCK, sumur bor, dan pos kamling.

Adapun untuk kegiatan non fisik diantaranya memberikan bantuan pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan keluarga berencanan (KB), pendidikan wawasan kebangsaan dan bela negara, serta kegiatan lainnya.

Baca:

Mabes TNI

“Ada penekanan tentang TMMD dari Mabes TNI, yaitu membuka akses jalan yang betul – betul sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan memang belum ada akses jalan sebelumnya,” kata Dandim Lebak dalam sambutannya. Ia menambahkan

“Mudah – mudahan TMMD ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya warga kecamatan Cileles,” imbuhnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut Suparman Kabid Bina PKMD pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kapten Inf Subagyo Pasiter, Ipda Untung Paur Dal Ops Polres Lebak, Hubyani Kasi Budidaya Perikanan Dinas Keluatan dan Perikanan, Suharno Kabid Bapeda Lebak, Fatul Hakim Kasi Penyuluhan Distamben, Tata Sudita Kabid Dinsos, Maryasin Kasi Agro Industri Disperindag, Vifia Indera Sekdis DLH Lebak, Muzakir Kabid KB Kes DP2KBP3A, dan Yusuf Sekdis Perkim Lebak.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, masyarakat diharapkan dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan program TMMD yang dilaksanakan oleh TNI. Karena menurut Iti, program TMMD sudah ikut membantu Pemkab Lebak dengan kegiatan mambangun dan membuka wilayah-wilayah yang terisolir. Selain itu TNI dalam kegiatan tersebut dapat memberikan pembinaan serta pendidikan pula terhadap masyarakat.

“Sebagai pribadi dan atasnama Pemkab Lebak, saya sangat mengapresiasi kegiatan program TMMD yang dilaksanakan oleh TNI dari Kodim Lebak ini. Karena dampaknya sangat membantu masyarakat secara langsung,” ungkapnya.

Sementara, Suparman Kepala Bidang (Kabid) Bina Pembangunan Kelembagaan Masyarakat Desa (PKMD) DPMPD Kabupaten Lebak mengatakan, kegiatan program TMMD ke 106 tahun 2019 yang berlokasi di Kecamatan Cileles, menurutnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena itu pihaknya sangat mendukung program TMMD yang akan dimotori oleh Kodim 0603/Lebak.

“Masyarakat sangat antusias dengan adanya TMMD ini. Kami (DPMD Kabupaten Lebak-red) tentunya mendukung, kita akan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan TMMD utamanya soal swadaya gotong royongnya,” katanya. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait