Manfaat Bawang Putih: Dari Hilangkan Jerawat Hingga Tekanan Darah

Bawang Putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Tanaman ini sudah digunakan 7.000 tahun, terutama di Asia Tengah, menjadi bahan makanan di Laut Tengah serta menjadi bumbu umum di Asia, Afrika dan Eropa.

Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan.Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.

Klasifikasi Tanaman. Divisi: Spermatophyta. Subdivisi: Angiospermae. Kelas:Monocotyledonae. Bangsa:Liliales. Suku: Liliaceae. Marga: Allium Jenis : Allium sativum L.

Baca:

Fungsi

Apakah kalian tahu bahwa bawang putih itu memiliki kandungan senyawa yang mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh pada manusia. Pada zaman perang dunia I dan perang dunia II, bawang putih berfungsi untuk membantu mencegah gangren yaitu kondisi ketika jaringan tubuh mati karena infeksi atau kekurangan aliran darah.

Morfologi

Bawang putih merupakan tumbuhan berumbi lapis atau siung yang bersusun, memiliki batang semu yang terbentuk dari pelepah daun dan termasuk dalam genus Allium.

Akar bawang putih terdiri dari serabut-serabut kecil, setiap umbi bawang putih terdiri dari sejumlah anak bawang (siung) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih. Bawang putih termasuk tumbuhan daerah dataran tinggi namun di Indonesia jenis tersebut juga dibudidayakan di dataran rendah. Bawang putih berkembang baik pada ketinggian tanah berkisar 200-250 meter di atas permukaan laut (Savitri, 2008).

Bawang putih termasuk klasifikasi tumbuhan berumbi lapis atau siung yang bersusun. Bawang putih tumbuh secara berumpun dan berdiri tegak sampai setinggi 30-75 cm, mempunyai batang semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun.

Helaian daunnya mirip pita, berbentuk pipih dan memanjang. Akar bawang putih terdiri dari serabut-serabut kecil yang bejumlah banyak. Setiap umbi bawang putih terdiri dari sejumlah anak bawang (siung) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih.

Bawang putih yang semula merupakan tumbuhan daerah dataran tinggi, sekarang di Indonesia, jenis tertentu dibudidayakan di dataran rendah. Bawang putih berkembang baik pada ketinggian tanah berkisar 200-250 meter di atas permukaan laut (IPTEKnet,2005).

Menurut Kartasapoetra (1992), ciri-ciri bawang putih sebagai berikut :

  1. Merupakan umbi majemuk dengan bentuk rata-rata hampir bulat, bergaris tengah sekitar 4 sampai 6 cm.
  2. Berwarna putih, terdiri dari beberapa siung (8-20 siung), yang seluruhnya terbungkus oleh 3-5 selaput tipis berwarna putih. Tiap siungnya diliputi atau terbungkus pula dalam selaput tipis, selaput luar berwarna mendekati putih dan agak longgar, sedangkan selaput dalam membungkus ketat-melekat pada bagian luar daging siung, berwarna merah jambu yang mudah dilepas atau dikupas

Apakah Manfaatnya?

Ternyata ada banyak sekali manfaat bawang putih, di antaranya adalah:

  • Meredakan nyeri pada sendi.

Caranya yaitu dengan menghancurkan bawang putih sehingga keluar minyak dari bawang putih. Lalu oleskan minyak yang keluar tersebut ke bagian tubuh yang nyeri. Bawang putih dapat membantu meredakan radang.

  • Meredakan jerawat

Bawang putih juga dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun perlu berhati-hati sebelum mencobanya karena dapat menyebabkan kulit wajah terasa terbakar dan menyebabkan wajah berbau.

  • Membunuh kutu air dan jamur

Caranya yaitu dengan merendam kaki pada air yang sudah tercampur dengan bawang putih atau menggosok kaki dengan bawang putih mentah dapat membantu mematikan kutu air. Bawang putih dapat membantu membunuh jamur.

  • Sebagai antioksidan

Bawang putih memiliki khasiat sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu melindungi dari senyawa yang dpaat merusak sel.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Suplemen bawang putih dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Membantu menurunkan kadar LDL pada tubuh

Penulis: Tri Utari Nurfaiza, Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Sains, Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.


Apakah Artikel Ini Bermanfaat? Silakan Berikan DONASI ANDA. Klik Tombol Di Bawah Ini.
donate button

Berita Terkait