Marinir Beradu Kemampuan Demi Raih Batalayon Unggul di Surabaya

Foto: Dispen Kormar

Marinir yang tersebar di seluruh Indonesia mulai beradu kemampuan, kekompakan, keahlian, kejelian dan kekuatan fisik untuk meraih predikat “Batalyon Unggul” dalam lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Korps Marinir 2018 di Marines Sport Center Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Senin (8/10/2018).

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantonosecara resmi membuka Lomba Binsat ini di Marines Sport Center Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya.

Lomba Binsat merupakan salah satu event besar tahunan Korps Marinir, yang menjadi tolok ukur keberhasilan satuan dalam melaksanakan pembinaan personel. Lomba ini juga sebagai salah satu ajang untuk menunjukkan kualitas sebagai prajurit petarung sejati, dan kualitas pembinaan Komandan satuan secara utuh. Dengan spirit of the winner yang ada pada diri setiap prajurit, dan spirit of togetherness yang harus dimiliki oleh setiap Satuan, untuk memperebutkan tropy bergilir “Batalyon Unggul” bagi Satuan yang berhasil menjadi Juara Umum.

Baca: Danrem 064 MY Tutup Pameran Alutista dan Gelar Fun Bike

Lomba Binsat Korps Marinir tahun 2018 mempertandingkan 5 kemampuan pokok prajurit Marinir, diikuti oleh 34 tim perwakilan dari 34 Batalyon Marinir yang datang dari seluruh Indonesia. Setiap tim terdiri dari 30 prajurit dengan cadangan 9 prajurit, dipimpin oleh seorang Komandan Batalyon, dengan melibatkan 1.326 prajurit peserta. Perlombaan Binsat menjadi ajang bergengsi bukti wujud tempaan dari masing-masing Komandan Satuan.

Pembukaan lomba Binsat ditandai dengan penyerahan Piala Bergilir dari juara bertahan Yonif 4 Marinir yang diserahkan oleh Danyonif 4 Mar Letkol Mar Didik Iwan Supriyanto kepada Dankormar. Selanjutnya piala bergilir diserahkan Dankormar kepada Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Sarjito selaku Ketua Panitia Lomba Binsat Kormar tahun 2018. Kemudian dilanjutkan dengan penyematan pita kepada perwakilan peserta lomba dan panitia lomba oleh Komandan Korps Marinir.

Materi Lomba Binsat Kormar Tahun 2018 meliputi menembak senapan dan pistol, renang militer, dayung perahu karet, cross country dan halang rintang. Lomba akan dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 19 Oktober 2018 di Surabaya, Trawas dan sekitarnya. (Dispen Kormar)

Berita Terkait