Bupati Serang Senam Sehat Bersama Jajaran Kesehatan

Foto: Yan Cikal

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah bersama pegawai Dinas Kesehatan dan Puskesmas se-Kabupaten Serang melakukan senam sehat di lapangan Pendopo Kabupaten Serang, Jumat (10/11/2017). Senam sehat ini dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menjelaskan, terjadinya pola perubahan penyakit karena pola hidup masyarakat yang kurang sehat. Misalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan kurang beraktifitas fisik.

“Akibat dari terjadinya perubahan pada pola penyakit adalah meningkatnya biaya pelayanan kesehatan, baik pemeriksaan maupun pengobatan. apalagi jika  pengobatannya berlangsung dalam waktu yang cukup panjang. mengingat hal itu, jalan terbaik yang bisa dengan mudah kita lakukan adalah menjaga diri kita masing-masing tetap dalam keadaan sehat dengan berolah raga teratur, makan makanan sehat serta menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat dalam keseharian kita,” ungkapnya.

Baca: Bupati Serang Imbau Pegawai OPD Memulai Hidup Sehat

Sri Nurhayati, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang mengatakan, memancing masyarakat untuk menerapkan gaya  hidup sehat minimal melakukan olahraga disekitar rumah dengan olahraga kecil dilakukan depan rumah  agar kesehatan tetap terjaga. “Kami ingin meluruskan  bahwa tanggapan masyarakat saat  melakukan kegiatan rumah tangga seperti mencuci dan membersihkan rumah juga olahraga. Tapi yang kita maksud dengan olahraga harus disertakan dengan pemanasan dan secara continue melakukan olah raga pemanasan dan peregangan tubuh,”  katanya.

Sri menambahkan, telah membentuk kelompok masyarakat yang terkena diabetes untuk menangani penyakit tersebut bekerjasama dengan Puskesmas. Sehingga melalui pembentukan kelompok tersebut untuk mengurangi penyakit diabetes. “Alhamdulillah dengan cara tersebut efektif bisa mengurangi penyakit tersebut, bahkan sampai ada desa lainnya yang ikut dengan kelompok tersebut,” katanya.

Ia juga menambahkan, hasil presentasi memang cukup berpengaruh baik karena mengurangi gayaa hidup yang tidak sehat di masyarakat. Dan hal tersebut dibutuhkan kerjasama yang baik dengan masyarakat. (Tim / Cikal)

Berita Terkait