Kesehatan

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat kunyit sudah dikenal sejak zaman kuno, di Hindustan, rempah-rempah yang berharga ini digunakan untuk membersihkan tubuh.

Kunyit merupakan, tanaman tropis abadi dengan tinggi hingga 90 cm dengan daun lonjong dan rimpat bulat. Tanaman ini banyak di wilayah asia, khususnya di Indonesia.

Selain untuk masakan dan obat, rempah-rempah ini sering digunakan sebagai peawatan kulit alternatif alami.

Kunyit mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang bermanfaat. Komposisi rimpang yang meliputi vitamin B, C, K dan P, antioksidan, kalsium, fosfor, besi, yodium dan minyak atsiri.

Tanaman tersebut menempati tempat khusus digunakan untuk membuat aditif makanan E100, yang banyak digunakan dalam industri makanan.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sistem pertahanan tubuh melawan bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Mengonsumsi air kunyit secara rutin dapat membantu mengurangi bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

Mengobati radang

Kandungan yang terdapat pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek anti radang poten.

Satu kunyit, memiliki kandungan kurkumin sebanyak milligram.

Mengatasi perut kembung

Buang gas berlebihan merupakan tanda ada yang salah pada kondisi perut, Mengonsumsi kunyit diklaim membantu oto pada pencernaan agar tetap bergerak lancar.

Mengobati maag

Kunyit dipercaya mengurangi frekunesi kambuhnya gejala maag. Adanya kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi air kunyit bisa menjaga bentuk tubuh atau menurunkan berat badan.

Melawan infeksi

Manfaat kunyit lainnya bisa untuk melawan infeksi pada tubuh. Kandungan kunyit dapat melawan berkembangnya bakteri dan jamur pada tubuh.

(Dari Berbagai Sumber / Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button