Pemkot Serang dan Pemprov Banten Sepakat Bentuk Badan Pengelola Banten Lama

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy didampingi Pj Sekda Banten Ino S Rawita memimpin rapat koordinasi lanjutan penataan Kawasan Situs Kesultanan Banten (KSKB) bersama Walikota Serang Safrudin di ruang transit Pendopo Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu,(9/1/2019). Rakor ini membahas progress revitalisasi kawasan Kesultanan Banten.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menjelaskan, pada tahun 2019 ini Pemprov Banten melanjutkan revitalisasi tersebut. Selain penataan kawasan ini, Pemprov akan menempuh tiga tahap. Pertama, penyelesaian pembangunan kawasan penunjang wisata di Situs Kesultanan Banten. Kedua, membangun sinergisitas Pemprov dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang. Ketiga, pembentukan Badan Pengelola Kawasan Situs Kesultanan Banten.

“Kita akan bentuk Badan Pengelola Kawasan Banten Lama. Jangan sampai kita sudah bangun, kita sudah percantik tetapi tidak ada yg mengurus. Untuk itu kita akan koordinasi antara Pemrov Banten dengan Pemkot Serang untuk membentuk badan pengelolaan kawasan Banten Lama,” kata Wagub Andika.

Wagub melanjutkan, Gubernur menginginkan agar badan pengelolaan kawasan Banten Lama ini selain dikelolah oleh Pemprov Banten dan Pemkot Serang juga melibatkan unsur lainnya seperti TNI, Polri dan Kenadziran.

Baca: Nina: Banten Dicanangkan Layak Anak Tahun 2019

Dalam Rakor itu disepekati, sejumlah pengelolaan diserahkan kepada Pemkot Serang antara lain pengelolaan kebersihan, lahan parkir dan arus lalu lintas, ketertiban dan keamanan. Sedangkan Pemprov Banten fokus pada revitalisasi tahap kedua agar pembangunan Kawasan Situs Kesultanan Banten tahap kedua bisa segera diselesaikan.

“Saya dan Pak Gubernur sudah statement bahwa Pemprov ingin membantu Pemerintah Kota Serang untuk dapat mengembangkan potensi pariwisata religi. Diharapkan dengan adanya pariwisata religi ini dapat juga membantu pendapatan Kota Serang,” jelasnya.

Wagub mengharapakan dengan dibentuknya badan pengelola kawasan wisata ini bisa menjaga dan memelihara aset yang berada di kawasan wisata religi tersebut, setelah selesai nanti Pemprov akan menghibahkan kawasan ini kepada Pemkot Serang.

Sementara Walikota Serang, Syafrudin mendukung program pembangunan revitalisasi kesultanan banten ini. Karena ini merupakan ikon Kota Serang yang juga sebagai ibu kota provinsi banten. “Kaitannya dengan penataan pedagang kaki lima, sampah dan lalu litas kami Pemkot Serang siap untuk membantu dalam rangka penataan kawasan wisata banten lama ini,” kata Syafrudin.

Dia akan memerintahkan Dinas Tata Kota, Dinas Lingkungan Hidup dan Satpol PP Kota Serang untuk menjaga dan melakukan perawatan di Kawasan Situs Kesultanan Banten. “Kami siap untuk mendukung revitalisasi kawasan ini, juga untuk bersinergi dalam rangka mewujudkan kawasan wisata Banten Lama menjadi wisata religi kebanggaan Banten, khusunya kota serang,” kata Walikota seraya menyatakan siap untuk dibentuk badan pengelolan kawasan kesultanan banten lama. (Subag Peliputan dan Dokumentasi Biro ARTP Pemprov Banten)

Berita Terkait