Info Sehat

Ini 9 Tips Turunkan Asam Lambung Tanpa Obat-Obatan

Waspada jika dada terasa panas setelah mengonsumsi makanan tertentu. Sebab itu merupakan salah satu ciri naiknya asam lambung.

American Academy of Allergy Asthma and Immunology menyebut ciri kenaikan asam lambung, antara lain mudah kenyang, sering bersendawa, sakit tenggorokan, mual, muntah, air liur jadi banyak, bau mulut dan batuk tanpa dahak.

Dokter biasanya memberikan antasida, obat yang dinilai ampun menurunkan kadar penyakit tersebut dengan cepat. Obatnya diberikan pada kasus yang parah.

Ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dicoba menurunkan penyakit tersebut, tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Ini untuk menghindari ketergantungan terhadap obat.

Dikutip dari halodoc.com berikut tips menurunkan asam lambung tanpa perlu obat.

  1. Hindari makanan pemicu refluks. Hindari makanan tertentu yang memicu mulas, seperti kafein, soda, cokelat, buah dan jus jeruk, tomat, bawang, mint, dan makanan berlemak tinggi.
  2. Makan lebih banyak serat. Serat membantu saluran pencernaan bekerja dengan lancar dan sehat.
  3. Atur porsi makan. Hindari makan dalam porsi besar sekaligus. Cobalah makan lima atau enam porsi kecil sehari.
  4. Jangan makan sebelum tidur. Kebiasaan makan sebelum tidur sering menjadi penyebab naiknya asam lambung. Berhenti makan setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur sehingga perut memiliki kesempatan untuk mengosongkannya sebelum kamu berbaring.
  5. Makan perlahan. Jangan makan terburu-buru, makanlah dengan perlahan.
  6. Jangan merokok. Merokok dapat mengurangi efektivitas otot yang menjaga asam di lambung. Jadi, berhenti merokok kalau tidak mau asam lambung kambuh.
  7. Kenakan pakaian longgar. Pakaian ketat memberi tekanan tambahan pada perut.
  8. Tinggikan kepala. Tumpuk beberapa bantal di bawah tempat tidur agar kepala sekitar 6 inci lebih tinggi.

Mengunyah Permen Karet

Selain tips-tips di atas, ada tips lainnya yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung, yaitu mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet dinilai merangsang produksi air liur, yang merupakan penyangga asam.

Ditambah lagi, mengunyah permen karet membuat seseorang lebih sering menelan, sehingga dapat mendorong asam-asam jahat itu keluar dari kerongkongan. Meski begitu, hal ini masih diteliti lebih lanjut.

Pilih permen karet yang bebas gula. Permen karet rata-rata mengandung gula yang cukup tinggi yang dapat merusak gigi.

Penyebab Asam Lambung

Proses terjadinya penyakit tersebut dimulai ketika sejumlah kandungan asam lambung mengalir ke kerongkongan atau esofagus.

Perut mengandung asam klorida, asam kuat yang membantu memecah makanan dan melindungi terhadap patogen seperti bakteri.

Lapisan perut secara khusus disesuaikan untuk melindunginya dari asam kuat. Sayangnya, esofagus tidak memiliki lapisan khusus ini sehingga sensitif terhadap asam.

Cincin otot yang disebut sfingter gastroesofagus bertindak sebagai katup yang memungkinkan makanan masuk ke lambung dan tidak kembali ke esofagus. Ketika katup lentur, maka isi lambung dapat dimuntahkan kembali ke kerongkongan dan mulas pun terjadi. (Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button