Mozaik

Masjid Istiqlal Buka Pendaftaran Pendidikan Kader Ulama

Masjid Istiqlal membuka pendaftaran program pendidikan kader ulama (PKU) dan pendidikan kader ulama perempuan (PKUP) melalui Lembaga PKU.

Program PKU dan PKUP ini dinisiasi Masjid Istiqlal berkolaborasi Kementrian PPPA, Kementrian Agama RI, Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) dan LPDP.

Direktur Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKU MUI), Prof Ahmad Thib Raya mengatakan, dua program tersebut terdiri dari jenjang magister dan doktoral ilmu tafsir dan Al Quran.

“Kami telah menerima dua angkatan pada program PKU dan PKUP, angkatan pertama sudah memasuki semester 3. Sedangkan angkatan kedua akan memulai perkuliahan Februari mendatang” kata Prof Ahmad Thib Raya yang juga Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam rilis diterima MediaBanten.Com, Rabu (18/1/2023).

Saat ini sosialisasi program beasiswa LPDP-PKUMI, program ini sepenuhnya dibiayai oleh LPDP.

“Sampai hari ini, kami telah melakukan sosialisasi di Kota Samarinda, Kota Malang, Kota Mataram dan Kota Cirebon, Kota selanjutnya adalah Yogyakarta, Bima dan Makassar, setiap daerah kami menggandeng Universitas-Universitas dan Pesantren besar” terang Ahmad Thib Raya.

Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof KH. Nasaruddin Umar, lulusan PKUMI diharapkan mampu mencetak kader-kader ulama yang menguasai keilmuan Islam klasik dan kontemporer sehingga bisa menjadi rujukan dalam aspek perilaku dan keilmuan keislaman bagi masyarakat baik lokal maupun internasional.

“Mulai tanggal 15 Januari – 7 Februari 2023 kami buka pendaftaran, 6 – 7 Februari 2023 seleksi berkas, tes PKUMI-PTIQ 8 – 9 Februari 2023, sedangkan pengumumannya tanggal 11 Februari 2023″ jelas Nasaruddin Umar.

Peserta yang dinyatakan lolos tes PKUMI-PTIQ melalui http://pmbpku.istiqlal.or.id akan mendapatkan LoA yang digunakan mendaftar di LPDP dalam program Pendidikan Kader Ulama (Laki-laki) atau Pendidikan Kader Ulam Perempuan (PKPU) dan akan dibebaskan untuk Tes Bakat Skolastik (TBS) oleh LPDP.

Proses pendaftaran beasiswa PKU memiliki beberapa tahap yaitu seleksi administrasi, Seleksi Bakat Skolastik (TBS), seleksi substansi dan penetapan penerimaan beasiswa.

“Kami sudah rapat dengan PKUMI dan PTIQ bahwa jika calan pendaftar beasiswa PKU telah mendapat LoA dari PKUMI dan PTIQ tidak perlu lagi mengikuti TBS di LPDP” jelas Gendro Hartono, Kepala Divisi Pelayanan Basiswa LPDP saat membawa materi dalam kegiatan sosialisasi di Kota Samarinda.

Dia berlasan mendorong program beasiswa LPDP-PKUMI adalah pertama adalah Masjid Istiqlal sebagai simbol Islam Indonesia untuk dunia.

Kedua, paham keagamaan yang moderat. Ketiga, tantangan keulamaan. Keempat, keterbatasan ulama perempuan.

“PKUP ini adalah satu-satunya program ke-ulama-an perempuan di dunia” papar Dr. Mulawarman Hannase, Manager PKU.

Visi PKUMI menjadi lembaga Pendidikan Ulama bertaraf internasional, melahirkan ulama yang menguasai keilmuan Islam klasik dan kontemporer, berpandangan moderat, berakhlak mulia, dan siap menjadi rujukan ummat Islam lokal, nasional dan internasional.

“PKUMI memiliki 4 program utama yaitu Pendidikan Kader Ulama Laki-Laki terdiri dari Magister dan Doktoral; Pendidikan Kader Ulama Perempuan terdiri dari Magister; Internship; dan Short Course” jelas Manager PKUP Rosita Tandos. (Rilis Humas Masjid Iqtiqlal)

Editor: Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button