Aplikasi & OS

Mau Naikan Revenue? Coba Layanan VAS bagi Konten Kreator

Forest Interactive mengajak konten kreator untuk memanfaatkan Value Added Service (VAS) atau biasa disebut layanan konten dari pengguna berbagai operator seluler di Indonesia.

VAS bisa menjadi satu cara yang baik dalam mendistribusikan konten yang dibuat serta mendapatkan reach di luar subscribers dan followers akun media sosial yang dimiliki konten kreator.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat peningkatan penggunaan ponsel dalam satu dekade terakhir. Pada tahun 2021, jumlah pengguna ponsel di Indonesia mencapai 65,87% dari jumlah penduduk Indonesia.

Peningkatan penggunaan ponsel linier dengan peningkatan jumlah penggunaan internet di Indonesia, dimana laporan We Are Sosial menyebutkan pada tahun 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 202,6 juta.

Sementara itu, survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkap daftar operator seluler yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia pada tahun 2021-2022.

Rinciannya ialah Telkomsel 41,94%, XL Axiata 20,44%, Indosat Ooredoo 17,78%, Tri (3) 14,08%, dan Smartfren 5,76%.

Pada tahun 2019, Kasubdit Telekomunikasi Khusus dan Kelayakan Penyelenggaraan Telekomunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gunawan Hutagalung menyebut market cap bisnis content provider, termasuk Value Added Service berada pada kisaran 1-2% dari total revenue industri fixed and mobile services atau kisaran Rp 2triliun lebih setiap tahun.

Bisnis ini diprediksi memiliki prospek bagus sepanjang bertransformasi dengan baik, semisal mempunyai platform konten yang inovatif, seperti konten video kreatif atau layanan-layanan konten interaktif lainnya.

Rizka Arsil, Country Manager Indonesia Forest Interactive, mengatakan, content creator harus memiliki konten yang unik dan menarik agar bisa ditonton banyak orang. Mereka juga harus kreatif dalam cara menyampaikan kontennya.

Di tahun lalu, Forest Interactive melalui Program Asik telah bekerja sama dengan para artis maupun content creator membuat berbagai activity hingga series content.

“Kini, kami kembali mengajak mereka untuk membuat sesuatu yang lebih kreatif dan menarik. Selain dapat menjangkau banyak orang dari pengguna operator seluler di Indonesia, VAS juga bisa meningkatkan revenue bagi para content creator,” lanjut Rizka.

Forest Interactive telah bekerja sama dengan berbagai content provider, label, dan perusahaan operator seluler, seperti Telkomsel, XL Axiata, 3, Indosat Ooredoo, dan Smartfren dalam penyediaan VAS berupa Ringtone (RT), Ring Back Tone (RBT) dan SMS berlangganan.

Forest Interactive juga telah bekerja sama dengan berbagai aktris dan konten kreator (Jonathan Liandi, Gebian, dan Panji Petualang); aktris (Aulia Sarah dan Nasya Marcella); penyanyi (Siti Badriah dan Fitri Carlina) ; dan public figure (dr Reisa Broto Asmoro) dalam penyediaan VAS.

Terbaru, Forest Interactive sedang bekerja sama dengan Jena Dammaya (content creator) dalam program “Diary Jena Si Ratu Cosplayer” dan Ustaz Riza Muhammad (tokoh agama) dalam program “Majelis Seru Bareng Ustaz Riza” yang termasuk dalam HIP500, program berhadiah kolaborasi dengan Telkomsel.

Cerita Aulia Sarah

Pada tahun 2022, Forest Interactive bekerja sama dengan Aulia Sarah, model dan aktris, dalam program NgeHIPBarengAuliaSarah.

Pemeran Badarawuhi di film KKN Desa Penari ini bercerita tentang perjalanan karier, tantangan selama menjadi aktris horor, hingga kehidupan pribadinya.

Program ini dapat disaksikan melalui kanal SMS berlangganan berupa url link yang berisi video eksklusif rentang 30 September 2022 hingga 30 Maret 2023.

Untuk mendapat serial video dalam program NgeHIPBarengAuliaSarah tersebut, pelanggan Telkomsel dikenakan Tarif 2220/SMS dan mendapatkan 1 SMS per dua hari selama 180 hari.

Beberapa pelanggan Telkomsel yang beruntung bahkan sudah mendapatkan hadiah berupa Laptop Lenovo IdeaPad Flex Ryzen untuk pemenang utama, smartphone OPPO Reno 7 5G untuk dua orang pemenang kedua, dan smartphone Vivo Y15s untuk tiga orang pemenang ketiga.

Nasya Marcella

Forest Interactive bekerja sama dengan Telkomsel dalam program VAS “Kupas Dunia Peran Bareng Nasya,” yang menghadirkan aktris Nasya Marcella dan dapat diakses oleh pelanggan Telkomsel mulai 10 Juni hingga 10 Desember 2022.

Saat itu, Nasya Marcella tengah menggarap proyek sinetron “Aku Bukan Wanita Pilihan.” Di balik kesibukannya tersebut, Nasya membagikan cerita seru mengenai kesehariannya mulai dari persiapan syuting, rahasia di balik layar, hingga cara khusus Nasya menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani. Kisah ini dihadirkan secara eksklusif dalam konten video berlangganan.

Forest Interactive

Forest Interactive adalah perusahaan penyedia platform konten yang menghasilkan pendapatan untuk operator seluler dengan mitra lebih dari dari 90 operator seluler dan 1.3 miliar pelanggan dari 39 negara.

Perusahaan yang lahir tahun 2006 ini mengoperasikan platform yang dapat disesuaikan untuk Mobile Network Operators (MNO), service delivery platforms (SDP), mobile games publishing, e-voucher, hingga mobile e-sports. Forest Interactive berkantor pusat di Malaysia.

Hadir di Indonesia sejak 2010. Temukan aktivitas Forest Interactive lebih lanjut di LinkedIn, Instagram, Facebook dan YouTube. (Rilis Forest Interactive Indonesia)

Editor: Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button