Aplikasi & OS

Xiaomi Rilis MIUI 14, Banyak Fitur Baru dan Lebih Ringan

Xiaomi resmi mengumumkan kehadiran MIUI 14 bulan Desember, dan sejak itu sejumlah perangkat yang hadir di pasar Tiongkok sudah mendapatkannya.

Laporan terbaru dari kehadiran MIUI anyar tersebut sudah menyambangi smartphone Xiaomi untuk pasar global.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (17/1/2023), ponsel genggam asal China tersebut menjadi smartphone pertama untuk pasar global yang pertama kali menerimnya.

Dalam pembaruan tersebut, Xiaomi juga turut menyertakan pembaruan keamanan untuk Januari 2023.

Kendati demikian, OS MIUI 14 baru tersedia untuk pengguna global yang sudah terdaftar di kanal Beta. Pembaruan ini juga hadir dengan ukuran sekitar 4,43 GB.

Pembaruan tersebut juga menjangkau pengguna Xiaomi 12, dan varian Pro dilaporkan belum menerimanya.

Kendati belum dapat dipastikan, kemungkinan besar pembaruan ini akan tersedia untuk pengguna varian Pro dalam waktu dekat.

MIUI versi teranyar tersebut berbasis Android 13. Perusahaan tersebut juga menghadirkan sejumlah perubahan pada ponsel genggamnya mulai dari tampilan, fitur baru, termasuk peningkatan kolaborasi antar perangkat.

Selain itu, Xiaomi juga menyebut MIUI 14 dibekali firmware yang lebih kecil dibandingkan MIUI 13, dan mengadopsi arsitektur sistem yang ditingkatkan.

Oleh karena itu, pembaruan tersebut memiliki kinerja dan efisiensi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Sedangkan dalam sektor desain, hadir dengan sejumlah perubahan ikon maupun keseluruhan tampilan antarmuka. Saat ini, ikon aplikasi tampil lebih besar dan bisa disesuaikan dengan ukurannya.

Sementara format widget pun tampil lebih fresh, termasuk dengan folder di Home Scree, sehingga pengguna memiliki opsi kustomisasi lebih luas.

Lebih lanjut, ada pula widget baru untuk tumbuhan dan hewan yang bisa diletakkan di Home Screen.

Membahas soal kinerja, perusahaan asal China tersebut mengklaim bahwa versi ini lebih ringan dibandingkan pendahulunya.

Mereka menyebut performa sistem pada MIUI telah meningkat 60 persen. Sedangkan, ukuran firmware MIUI 14 juga lebih kecil hanya sekitar 13.09GB.

Pembaruan tersebut turut dilakukan pada opsi manajemen notifikasi, sehingga pengguna bisa menutup notifikasi hanya dengan satu sentuhan.

Sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) turut ditenagai di MIUI 14, salah satunya adalah kemampuan ekstraksi teks dari gambar.

Editor: Abdul Hadi

SELENGKAPNYA
Back to top button