Menyedihkan, Penyerapan APBD Kota Serang Cuma 62%

walikota serang marah soal pbb

Menyedihkan. Penyerapan APBD Kota Serang baru mencapai rata-rata 62%. Padahal tahun anggaran efektif tersisa satu bulan. Mungkinkah APBD itu terserap seluruhnya?

Walikota Serang Syafrudin seusai meresmikan Posyandu di Kelurahan Cimuncang, Rabu (20/11/2019) mencatat ada lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang serapan anggaranya di bawah 50%.

Syafrudin mengatakan, hasil rapat evaluasi, penyerapan APBD secara keseluruhan sudah 62 persen, namun ada yang masih dibawah 50 persen. Di antaranya Dinas PRKP, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Kecamatan Serang, dan Kecamatan Cipocok Jaya.

Dia mengaku, alasan belum terserapnya anggaran itu sampai saat ini menurutnya masih masuk akal. “Insya Allah di Desember ini sudah mencapai di atas 90 persen,” katanya.

Camat Berdalih

Camat Serang, TB Yasin berdalih soal serapan anggaran yang masih 50%. Alasannya, belum dilakukan rekon.

“Karena laporan itu dilakukan di bulan Oktober, sehingga pencapaian untuk di Kecamatan Serang masih 50%,” dalihnya.

Bahkan Camat Serang secara tidak langsung membantah keterangan Walikota Serang soal serapan anggaran di Kecamatan Serang.

“Berdasarkan hasil pemantauan saya di kecamatan terkait DAUT dan pemberdayaan, itu sudah di atas 70%,” bantahnya.

Ia membeberkan, beberapa pembangunan di beberpa kelurahan mayoritas sudah 100%, di antaranya pembangunan Posyandu di kelurahan Cimuncang, di kelurahan kaligandu, Kelurahan Sumur Pecung Kelurahan Kotabaru, dan kelurahan kaligandu.

“Pemberdayaan saja yang belum mencapai 100%. Karena untuk pemberian honor marbot, guru ngaji, dan pemandian jenazah. Hal itu dikarenakan belum di SK kan,” katanya.

Sedangkan penyerapan anggarn pemberdayaan disebabkan belum ada SK Walikota tentang honor. Jika SK itu sudah diterbitkan, penyerapan anggaran Kecamatan Serang akan selesai pada Desember 2019.

” Termasuk nanti untuk honor RT RW di awal Desember itu nanti triwulan keempat sudah clear. Karena untuk triwulan ketiga sudah dibayarkan,” ungkapnya.

Ia menargetkan, untuk di Kecamatan Serang di akhir tahun ini serapan anggaran APBD itu mencapai 96 persen. Hal itu dikarenakan, untuk yang 4 persen ada anggaran yang belum terserap.

“Kami masih bisa capai itu 96 persen. Insya Allah ini terkejar, karena ini sudah kami schedule-kan,” katanya. (Sofi Mahalali).

Sofi Mahalali

Jurnalis at MediaBanten.Com
Sebelum meraih S1 di Unma, telah bergabung dengan MediaBanten.Com tahun 2017. Setelah meraih S1 jurusan Jurnalistik, dia tetap bertahan dan mengembangkan kemampuan dan keahliannya di bidang jurnalistik di sini. Kegigihannya mulai menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas.
Sofi Mahalali

Berita Terkait