Ngeronda, Gaya Kapolsek Serang Cegah Aksi Kriminalitas

Ngeronda, salah satu cara efektif mencegah terjadinya pencurian, aksi kriminalitas lainnya, menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat yang terus berlangsung hingga saat ini, terutama di perkampungan. Ronda salah satu ciri khas masyarakat Indonesia dalam bergotong royong dan bersilaturahmi dengan lingkungan sekitar.

Hal itu yang juga dilakukan oleh Kapolsek Serang, Kompol Bambang Wibisono, guna mencegah aksi kriminalitas di wilayah hukumnya. Meyeruput kopi sembari berbincang santai, untuk saling berdiskusi dan becanda gurau, dianggap efektif menjaga Kamtibmas.

“Ngeronda itu sambil bersilaturahmi dengan masyarakat, kita ikut juga ronda siskamling ke setiap kampung. Kalau malam tadi, ke RW 4 Lingkungan Kebaharan,” kata Kapolsek Serang, Kompol Bambang Wibisono, Sabtu (24/04/2021).

Jika menemukan aksi tawuran dan tindak kriminal lainnya, Bambang meminta masyarakat untuk melaporkannya ke polisi terdekat. Pencegahan terbaik dilakukan secara gotong royong antara warta dan polisi.

Baca:

“Tokoh masyarakat dan agama setempat kita ajak gotong royong, menjaga ketertiban, mencegah tawuran dan tindak kriminal,” terangnya.

Bambang meminta peran serta masyarakat dalam menjaga kamtibmas hingga protokol kesehatan (Prokes) covid-19. Kemudian mengingatkan warga perantauan agar tidak mudik dahulu ke kampung halaman, guna mencegah penularan dan kenaikan kasus positif Corona di Indonesia.

“Peran serta semua masyarakat, secara bergotong royong mencegah penularan Corona. Perantau diminta tidak mudik dulu,” jelasnya.

Sebelumnya, Polsek Serang menggelar razia kejahatan jalanan setelah video tawuran antara remaja di Kebaharan, Kecamatan Serang, Kota Serang viral di media sosial (Medsos). Diperkirakan peristiwa itu terjadi, Minggu 18 April 2021, sekitar pukul 02.00 WIB atau menjelang sahur.

Razia kejahatan jalanan itu untuk mengantisipasi terulangnya kembali tawuran. Razia pertama dilakukan pada Minggu malam, 18 April 2021 sejak pukul 23.00 wib.

“Sasarannya membubarkan tongkrongan remaja dan antisipasi perang sarung. Dipimpin Panit Reskrim, patroli hingga pukul 03.30 wib,” kata Kapolsek Serang, Kompol Bambang Wibisono, Senin (19/04/2021).

Patroli kelompok kedua dilakukan pada Senin dini hari, 19 April 2021 mulai pukul 01.00 wib. Menyasar wilayah Cimuncang, dipimpin oleh Kapolsek, Kompol Bambang Wibisono.

Polisi menyasar sejumlah titik keramaian. Hingga pagi tiba, tidak ditemukan adanya tawuran maupun perang sahur yang bisa meresahkan masyarakat.

“Kami menggelar patroli malam, antisipasi tawuran dan pencurian. Situasi Alhamdulillah aman terkendali,” jelasnya.

(Yandhi Deslatama)


Apakah Artikel Ini Bermanfaat? Silakan Berikan DONASI ANDA. Klik Tombol Di Bawah Ini.
donate button

Yandhi Deslatama

Berita Terkait