Pangkalan TNI AL Banten Gelar Donor Darah HUT RI Ke-76

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten menggelar donor darah di Mako Lanal Banten, Kota Cilegon, Kamis (12/8/2021). Kegiatan ini dalam rangka HUT RI Ke-76.

Danlanal Banten Kolonel (P) Budi Iryanto mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian HUT RI ke 76 berupa bakti sosial dengan donor darah.

“Kegitan donor darah ini selain rangkaian HUT RI ke 76, adalah juga salah satu bentuk kepedulian Lanal Banten. Juga kami melihat stok kebutuhan darah di PMI Cilegon minim, makanya kami gelar kegiatan ini,” kata Kolonel Budi Iriyanto. Komandan Pangkalan TNI AL Banten.

Dia berharap dengan kegiatan donor darah tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya. ”Kalau di lihat jumlahnya ada sekitar ratusan. Ini masih berjalan dan melibatkan masyarakat maritim, anggota Lanal Banten, Polairud, Polres Cilegon, Kodim, KSOP dan karyawan Bea Cukai. Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya,” ujarnya.

Baca Juga:   Komandan Pasmar 2 Beri Penghargaan Atlet Berprestasi di Lomba Binsat Marinir 2018

Penanggungjawab UDD PMI Cilegon dr Tetty Yuliani mengatakan, pelaksanaan donor darah ini terkumpul sejumlah 51 Kantung Darah, dengan berbagai jenis. “Jumlah tersebut masih sementara dan kegiatan masih berlanjut. Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Lanal Banten dan juga unsur peserta donor dari berbagai instansi terkait.,” kata Tetty.

Idealnya, kata dia, jumlah stok darah yang tersedia di PMI Cilegon seharusnya sekitar 1.000 labu. Namun, karena masalah Pandemi, pihaknya merasa kesulitan untuk mendapat darah dari para pendonor.

“Berbagai usaha telah kami lakukan dan kami juga telah menggandeng komunitas, yayasan juga sejumlah instansi. Kami berharap, masyarakat Cilegon bisa mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan,”ungkapnya. (Reporter: Anto / Editor: IN Rosyadi)

Berita Terkait