Sosial

Pemkot Mulai Salurkan Bansos Rp2,9 Miliar Ke Warga di 13 Kecamatan

Sebanyak 9.944 warga Kota Tangerang yang belum pernah mendapatkan bantuan sosial (Bansos) kini menerima bantuan dalam bentuk uang tunai Rp300.000. Penyaluran Bansos itu melalui Bank Jabar Banten (BJB) kepada warga di 13 kecamatan. Total Bansos bernilai Rp2,9 miliar.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat meninjau pendistribusian Bansos di SMP 7 Kota Tangerang menjelaskan, bantuan yang menggunakan anggaran pemerintah daerah itu diharapkan dapat meringankan beban kebutuhan hidup warga terutama yang terdampak pandemi Covid 19.

“Bantuan tunai langsung ini kepada masyarakat yang jumlahnya 9.944 orang. Jumlah ini adalah yang tidak kebagian bantuan dari kemensos, mudah-mudahanan bisa membantu masyarakat kita yang terdampak untuk meringankan kebutuhan hidupnya,”ujar Walikota Tangerang, Rabu (25/8/2021).

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Suli Rosadi menambahkan, program ini penerimanya merupakan acuan data terpadu kesejahteraan social (DTKS) yang tidak terakomodir bantuan lainnya, dan nilai bantuannya hanya sebesar RP300.000. Untuk mekanisme pengambilan bansos sama dengan umumnya tidak ada yang membedakan.

Baca Juga:   Bansos Jadi Rp54,3 Triliun, Mensos dan Kapolri Sepakat Amankan Penyalurannya

“Dananya berdasarkan kemampuan pemerintah daerah yaitu tiga ratus ribu rupiah yang diperuntukan bagi 9.944 orang, tahun lalu hanya 2.800 orang,”ungkap Suli.

Suli melanjutkan, bahwa pihaknya melibatkan perbankan dalam upaya bentuk pengawasan kepada proses penyaluran bantuan sehingga penyimpangan bisa dihindari.

“Ini salah satu cara dengan melibatkan bank dan tidak melibatkan unsur lain, karena jika melibatkan unsur lain kita khawatir dengan bank kita bisa mengontrol,”imbuhnya.

Di lokasi penyaluran bantuan, salah seorang penerima bantuan A.Mahmudin, warga Kebon Besar RT03/02, Kecamatan Batuceper ini merasa bahagia dengan adanya bantuan. Dia yang bekerja hanya sebagai pemulung dengan pendapatan yang pas-pasan merasa terbantu meskipun nilai bantuan tidak seberapa.

“Iya Alhamdulillah bisa untuk menambah biaya hidup keseharian, sebelumnya saya belum pernah menerima bantuan,”ujar bapak empat orang anak ini. (Reporter: Eky Fajrin / Editor: IN Rosyadi)

Baca Juga:   Walikota Serang Datangi Nenek Sapiah Yang Sebatang Kara

Eky Fajrin
SELENGKAPNYA
Back to top button