Pemkot Serang Beli 1.000 Ton Beras Karawang Penuhi Stok Covid 19

walikota serang
pemkot serang

Akibat kekurangan stok beras, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang memesan 1.000 ton beras dari Karawang. Pesanan ini untuk menutupi kebutuhan stok beras selama masa pandemi Covid-19.

Demikian dikatakan Wali Kota Serang Syafrudin pada rapat koordinasi ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19 tahun 2020, dengan Gubernur Banten dan Forkopimda Kabupaten/Kota, di kantor Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Senin (6/7/2020).

Syafrudin mengatakan, hal itu dilakukan karena beras untuk satu bulan di Kota Serang minus 1.000 ton dari kebutuhan 5.807 ton. Meski kekurangan stok beras, Walikota Serang mengklaim harga bahan pokok di Serang, terutama beras relatif stabil.

“Kalau harga bahan pokok di Kota Serang relatif stabil, hanya harga bawang merah naik signifikan,” katanya.

Baca:

Antisipasi Idul Adha

Lanjutnya, untuk persediaan beras saat lebaran Idul Adha, Pemkot Serang sudah mengantisipasi dengan menyiapkan 225 ton dalam bulan ini. “Kita siapkan 225 ton untuk lebaran Idul Adha, untuk warga Kota Serang beras asal Kota Serang,” ujarnya.

Kata dia, agar tidak terjadi lagi kekurangan stok beras, pihaknya akan memperkuat cadangan beras pemerintah daerah (CBPD) dengan cara membeli beras hasil petani Kota Serang. Selain itu, sebagai upaya mengantisipasi risiko terjadinya krisis pangan dan potensi kekeringan di musim kemarau pada masa pandemi Covid-19, akan melakukan percepatan tanam padi.

“Target percepatan tanam padi hingga akhir bulan Juli 2020 ini seluas 7.668 hektar. Pada akhir bulan Juni telah terealisasi seluas 6.550 hektar. Kemudian pada bulan Juli ditambah seluas 869 hektar dari prediksi luas lahan 1.118 hektar,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang Edinata Sukarya mengakui bahwa kekurangan stok beras di Kota Serang, disumbang dari faktor berkurangnya lahan pertanian menjadi kawasan perumahan (Baca: Setiap Bulan, Kota Serang Kekurangan Stok Beras 1.807 Ton).

Hal itu diungkapkan Edinata saat ditemui di Ruang kerjanya, di Distan Kota Serang, Penancangan, Kota Serang, Senin (6/7/2020).

Dia mengatakan, dari kebutuhan stok beras di Kota Serang perbulannya sebanyak 5.807 ton. Dari jumlah itu, hanya Kota Serang dapat menyediakan sekitar lebih 4.000 ton. Kekurangannya, 1.807 ton beras diperoleh dari luar Kota Serang.

“Iya karena kekurangan itu, kita pada akhirnya dikirim dari luar daerah. Sebab hasil produksi pertanian di kita (Kota Serang) tidak mencukupi,” katanya. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait