Pemkot Tangerang Hadirkan Virtual Job Fair II 2020

Pemerintah Kota Tangerang kembali menghadirkan Virtual Job Fair II Tahun 2020 sebagai upaya untuk membantu masyarakat dalam mencari pekerjaan baru di tengah pandemi Covid19.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin secara resmi membuka kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 1 Oktober 2020 dan diselenggarakan untuk kedua kalinya di tahun 2020 ini.

“Untuk kualifikasinya mulai dari lulusan SMA, SMK hingga perguruan tinggi,” terang Wakil saat membuka kegiatan Virtual Job Fair II 2020 secara daring di Ruang Rapat Wali Kota Tangerang, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis, 1 Oktober 2020.

Baca:

Dengan kembali digelarnya job fair, lanjut Sachrudin, diharapkan dapat membantu baik dari sisi perusahaan yang membutuhkan pegawai maupun masyarakat yang mencari pekerjaan baru di dalam situasi pandemi yang belum usai.

“Proses pelamarannya lebih panjang mulai hari ini hingga akhir Oktober 2020. Jadi masih ada kesempatan kalau job fair sebelumnya belum mendapat pekerjaan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang Rahmansyah menambahkan dalam gelaran Virtual Job Fair II Tahun 2020 kali ini diikuti sebanyak 14 perusahaan dengan jumlah lowongan yang tersedia sebanyak 226 lowongan.

“Informasi mengenai Jobfair bisa diliat melalui aplikasi Tangerang Live di handphone,” tukas Rahmansyah.

Virtual job fair adalah bursa kerja berbasis online. Berbeda dengan bursa kerja biasanya, tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk datang ke lokasi, tidak perlu berdesakan di tengah kerumunan banyak orang, atau menunggu dengan bosan di antrean panjang untuk melamar pekerjaan.

Bertemu dengan wakil perusahaan secara virtual, para pencari kerja biasanya tetap melakukan registrasi di awal, kemudian diwajibkan untuk mengunggah data dan memilih perusahaan yang diinginkan.

Meski terjadi di dunia maya atau online, jenis job fair satu ini juga memberikan layanan agar mengetahui informasi tentang banyak perusahaan, sekaligus kesempatan untuk melakukan sesi wawancara dengan wakil perusahaan. (Rivai Ikhfa)

Berita Terkait