Ekonomi

Pendaftaran Stimulus Ditolak, UMKM Datangi Disdaginkopukm Serang

Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendatangi Kantor Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disdaginkopukm) Kota Serang, Jumat (4/9/2020). Mereka memrotes penolakan berkas permohonan bantuan stimulus UKM dari pemerintah pusat.

Kepala Disdaginkopukm Kota Serang, Yoyo Wicahyono mengatakan, penolakan itu disebabkan waktu pendaftaran sudah dututp pada Kamis (3/9/2020), meskipun diberi waktu tenggang hingga Jumat (4/9/2020).

“Tapi ini masih menunggu semua, karena masih bertumpuk-tumpuk. Kami belum bisa memperkirakan selesainya sampai kapan, nanti kita lihat saja dulu. Kami kan ini balapan, jadi saya tidak bisa mengorbankan yang belasan ribu hanya untuk yang 10-20 orang. Memang keputusannya harus seperti itu,” ujarnya.

Dia mengatakan, berkas permohonan sudah terdata sebanyak 16.000 berkas. Berkas itu sedang diverifikasi. Kesulitannya, personel untuk melakukan verifikasi di instansi ini sangat terbatas.

Baca:

Baca Juga:   Cilowong Bersolek: Dari Infrastruktur Hingga Penataan Kampung

Yoyo mengatakan, pendataan para pelaku UMKM sudah dibuka sejak 24 Agustus 2020. Dalam program ini, pihaknya hanya membantu mendata pelaku UMKM di Kota Serang untuk menerima bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Jadi kami hanya mendata, dan sudah membuka pendataan sejak tanggal 24 Agustus. Tenggat waktunya sampai 4 September,” ucapnya.

Ia menjelaskan, mengenai informasi bantuan stimulus itu, sosialisasinya langsung dari Pemerintah Pusat. Dinsdaginkopukm Kota Serang hanya melakukan apa yang diinstruksikan oleh pemerintah pusat.

“Itu kan memang infonya dari pusat, kami tidak bisa menginfokan itu. Karena kami juga tidak mendapatkan sosialisasi. Kami menganut kepada pemerintah pusat, dan kami juga tidak diberikan arahan yang cukup,” ujarnya.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Kota Serang Pujianto mengatakan, sebenarnya tahap pertama sudah selesai terinput sebanyak 10.000 data. Ditargetan ada 18.000 pelaku UMKM yang menerima bantuan di Kota Serang. Kata Pujiyanto, hasil negosiasi dirinya dengan Disdaginkopukm Kota Serang, para pelaku UMKM dapat diterima berkasnya.

Baca Juga:   Piutang Rp145 Miliar, Ini Kata BPKAD Kota Serang

“Memang kita akui rekan-rekan di Disdaginkopukm Kota Serang Sumber Daya Manusia (SDM) masih kekurangan, dan penginputan banyak sekali. Inipun hasil negosiasi aspirasi rekan-rekan UMKM, alhamdulillah diakomodir dan pelayanan tetap samarata,” ungkap Pujiyanto kepada awak media.

Pujiyanto juga mengaku, sangat berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo, karena telah memberikan bantuan kepada pelaku UMKM di Kota Serang. “Saya selaku Dewan Kota Serang memberikan apresiasi kepada bapak Joko Widodo telah mendengar suara rakyat,” jelasnya. (Sofi Mahalai)

Sofi Mahalali
SELENGKAPNYA
Back to top button