Sebanyak 15 UMKM Ikuti Lomba Kelompok Tani Dinas Ketapang Banten

Sebanyak 15 pelaku usaha pangan lokal mengikuti Perlombaan Kelompok Wanita Tani dan pelaku UMKM Pangan Lokal yang dihelat Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Selasa (19/11/2019) di Gerai Pangan Lokal, Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Peserta berasal dari berbagai daerah Kabupaten/Kota di lingkungan Provinsi Banten. Mereka begitu antusias saat mengikuti kegiatan ini, dibuktikan dengan bersemangatnya para peserta saat melakukan presentasi tentang alur dan manajemen pengelolaan usaha yang sedang mereka tekuni di hadapan para dewan juri.

Format penilaian sendiri meliputi tiga aspek, yakni, Administrasi Kelembagaan, Kemitraan dan Inovasi Produk. Berdasar penilaian di atas menghasilkan 3 pemenang dalam kegiatan lomba tersebut. Juara pertama diraih oleh Cipta Rasa dari Kabupaten Lebak, juara ke-2 diraih oleh Berkah Ilahi dari Kab. Serang dan juara ke-3 diraih oleh UKM Asmara.

Baca:

Acara ini dihadiri oleh Kabid Keterjangkauan Pangan, Drs. Budiyana. Menurutnya kegiatan ini bisa menstimulasi para pelaku usaha pangan lokal agar tidak hanya terfokus pada bagaimana mendapatkan keuntungan saja, namun juga bisa memberdayakan sumber daya sekitar agar terlibat aktif dalam rantai usaha.

“Perlu adanya kemampuan khusus yang mesti dimiliki oleh para pelaku usaha pangan lokal melihat berbagai potensi sekitar dan meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan agar semakin profesional serta tentu saja tidak mudah merasa puas sehingga terus melakukan inovasi produk” sambungnya. (Asep Murtadho Rizal)

Next Post

Perempuan Yang Terbakar di Tembong Tengah Hamil 2 Bulan

Rab Nov 20 , 2019
Saat terbakar di dalam kamarnya, Fifi Hanifah ternyata sedang hamil dua bulan. Dia berada di dalam kamar bersama suaminya bernama Indra Nur Hadi. Luka bakar terparah di alami sang istri, Fifi Hanifah, mencapai 80 persen. Sedangkan suaminya hanya luka 25 persen. Saat peristiwa itu terjadi, kondisi Fifi sedang hamil dua […]