Perwakilan BI Banten Perkenalkan QRIS di CFD Cilegon

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Banten mengenalkan Quick Response Indonesian Standar (QRIS) dalam Care Free Day (CFD) Kota Cilegon, Minggu (24/11/2019).

QRIS disebut untuk memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi.

Kepala Perwakilan BI Banten, Erwin Soeriadimadja, QRIS merupakan Standar QR Code Pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk digunakan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran di Indonesia.

Menurutnya, QRIS juga dapat menjadi kanal pembayaran bagi konsumen yang menggunakan aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang memiliki fitur pembayaran menggunakan QR Code.

“Melalui QRIS, masyarakat dapat melakukan scan QR dari semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Lalu Merchant hanya memiliki 1 QR yakni QRIS, dan Merchant hanya perlu memiliki rekening di 1 PJSP,” katanya.

Kegiatan di CFD Kota Cilegon ini bertujuan untuk mengenalkan QRIS secara luas kepada masyarakat, serta menginformasikan khususnya kepada para pemilik merchant bahwa sesuai dengan Peraturan Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia No.21/18/PADG/2019, tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran, masa transisi QRIS berlangsung hingga tanggal 31 Desember 2019.

Kantor Perwakilan BI Banten menggandeng BRI Syariah. Sebab BRI Syariah telah memiliki alat pembayaran digital berbasis QR Code yang dinamakan BRISPay.

“Pedagang dan pengunjung nampak antusias mengikuti kegiatan sosialisasi QRIS ini, banyak pedagang menyampaikan tertarik untuk dapat segera memiliki QRIS dan segera mengurus persyaratan penerbitan QRIS,” kata Erwin.

Kegiatan ini juga sekaligus menyelenggarakan Coaching Clinic dan Open Table QRIS serta layanan penukaran uang. (Menyenaw)

Berita Terkait