Petugas RSUD Banten Jemput Pasien Miskin Berumur 76 Tahun

Featured Video Play Icon

Petugas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten menjemput Daman bin Sukarma, pasien miskin berumur 76 tahun di Kampung Pasir Soka RT 12/RW 04, Kelurahan Kilasah, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Selasa (17/4/2018), pukul 15.00 WIB. Penjemputan itu dengan menggunakan mobil ambulans RSUD Banten.

Daman menderita penyakit maag kronis yang menyebabkan selama dua pekan tidak bisa makan dan minum. Daman hanya tergeletak di tempat tidur. Tuti, anak Daman menceritakan, ayahnya memiliki kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dari Kementrian Kesehatan. Saat mau digunakan, syaratnya harus memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El).

“Waktu di Disdukcapil Kota Serang, saya harus bawa bapak untuk melakukan perekaman KTP-El. Saya bingung, karena bapak sudah tidak bisa bangun selama dua minggu, bagaimana bawanya,” katanya. Saat kebingungan, Tuti mengaku bertemu dengan Asep Wahyuningrat, aktivis kebudayaan. Dia menceritakan itu kepada Asep. Kemudian, Asep memberitahukan kepada RSUD Banten.

Baca: RSUD Malingping Sudah Lama Layani Pasien Pake KTP dan SKTM

Informasi tersebut segera ditindaklanjuti RSUD Banten dengan mengirimkan ambulans untuk menjemput pasien. Saat ini pasien miskin yang menggunakan KTP dan SKTM sedang mendapatkan perawatan di RSUD Banten.

Ayi, menantu Daman mengucapkan terimakasih atas pelayanan yang cepat dari RSUD Banten. “Saya atas nama keluarga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Banten dan Wakil Gubernur Banten atas bantuan pengobatan bapak saya,” katanya.  (Adityawarman)

Berita Terkait