Polda Banten Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota Untuk Pemilu 2019

Kepolisian Daerah (Polda) Banten menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispam) di Alun-alun Barat, Kota Serang, Rabu (13/3/2019). Kegiatan ini untuk mengantisipasi situasi konflik sosial pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Hadir dalam simulasi itu adalah Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Kurniawan, Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Alimuddin Roemtaat, Dir Samapta Polda Banten Kombes Pol Jondrial, Kabid Humas Polda Banten Edy Sumardi Priadinata, Wadansat Brimob AKBP Elvianus Laoli, dan para Kabag Ops Polres jajaran Polda Banten.

Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Alimuddin Roemtaat mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan 1.000 personil gabungan dari TNI dan Polri. Ia menuturkan, kegiatan simulasi Ini merupakan gamabaran atas konsep operasi pengamanan yang telah ditentukan dengan melakukan langkah-langkah koordinasi lintas sektoral, dan disesuaikan dengan potensi gangguan keamanan yang akan muncul dimassa Pemilu.

Baca: Dirlantas Polda Banten: Millenial Road Safety Festival Bukan Kegiatan Politik

“Pelatihan ini diharapkan setiap personil pengamanan dapat mengetahui pola pengamanan yang telah diajarkan, memahami cara kerjasama tim, serta mengukur kemampuan perorangan dan tim dalam suatu sistem pengamanan kota secara terpadu, antara Polri, TNI, Pemerintah, dan Penyelenggara Pemilu,” katanya.

Sementara Kabid Humas Polda Banten, Akbp Edy Sumardi mengatakan, kegiatan simulasi dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat di Provinsi Banten, bahwa personil kemanan serta penyelenggara Pemilu 2019, telah siap untuk mensukseskan Pemilu 2019.

“Mari Kita dukung bersama, Forkopimda Provinsi Banten, dan seluruh penyelenggara Pemilu dalam upaya mewujudkan Pemilu yang aman, sejuk, damai dan kondusif,” ujarnya. (Sofi Mahalali)