Polda Banten Tangkap 2 Kelompok Perampok Mini Market

Foto: Istimewa

Dua kelompok perampok spesialis mini market diringkus Tim Reserse Mobile (Resmob) Polda Banten, Rabu (3/1/2018). Dalam penyergapan yang dilakukan di lokasi terpisah, tim resmob berhasil meringkus 4 pelaku yang merupakan Kelompok Merak dan Cipanas. Tim Resmob saat ini masih melakukan pengejaran tehadap para pelaku lainnya.

Keempat pelaku yaitu Der, 22,  warga Kecamatan Gunung Sari,  Kabupaten Serang, Uj,  22, warga Kadu Agung,  Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Ma, 27, Banjarsari, Kecamatan Warunggung, Kabupaten Lebak dan Roh, 23, warga Kecamatan Pulo Merak,  Kota Cilegon. Dari para pelaku ini, tim resmob berhasil mengamankan 3 unit motor serta handphone hasil kejahatan.

Kasubdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Banten, AKBP Sofwan Hermanto mengatakan dua kelompok perampok disergap oleh dua tim resmob dibawah kendali AKBP Asep Sukandarisman. Penyergapan yang pertama dilakukan tim yang dipimpin Kompol Mandung terhadap tersangka Roh di Terminal Terpadu Merak (TTM), Kota Cilegon. Tersangka dari Kelompok Merak ini ditangkap saat sedang mengamen sekitar pukul 21.00 WIB.

“Keseharian Roh merupakan pengamen di TTM. Tersangka bersama rekannya melakukan perampokan di Alfamart Ciceri, Kota Serang,” ungkap AKBP Sofwan, Kamis (4/1/2018).

Baca: 180 Polisi Polda Naik Pangkat Satu Tingkat

Disaat hampir bersamaan,  tim resmob lainnya yang dipimpin Kompol Bambang Supeno melakukan penyergapan 3 tersangka dari Kelompok Cipanas di sejumlah lokasi. Tersangka Der ditangkap di rumahnya daerah Gunungsari, sedangkan Ma ditangkap di rumah mertua di daerah Banjarsari.

“Kalau tersangka Uj disergap di kontrakannya di daerah Kadu Agung, Rangkasbitung. Ketiga tersangka ini melakukan aksi perampokan di Alfamart Lopang, Kota Serang,” kata Sofwan.

Modus kejahatan yang dilakukan dua kelompok perampok spesialis mini market ini, kata Sofwan dengan berpura-pura menjadi pembeli disaat mini market tak ada pengunjung lainnya. Dengan berbekal senjata tajam yang sudah dipersiapkan, para pelaku mengancam karyawan yang bertugas untuk menunjukan dan membuka brankas. Sedangkan pelaku lainnya menguras uang dan rokok yang ada di ruang kasir.

“Dalam setiap aksinya kawanan ini terbilang cukup cepat dan mengenakan helm agar tidak dikenali. Setelah mendapatkan hasil rampokan, para pelaku kabur menggunakan sepeda motor. Dari pengakuan para tersangka masih ada pelaku lainnya yang kini dalam pengejaran,” tegasnya. (Yono)

Berita Terkait