Polres Serang Kota Tembak Kaki Dari 5 Penjahat Modus Pecahkan Kaca

Polisi dari Polres Serang Kota terpaksa tembak kaki salah satu pelaku pecah kaca mobil yang berjumlah lima orang. Para tersangka itu ditangkap secara terpisah di lokasi yang berbeda.

Pelaku kejahatan itu berasal dari Ogan Komering Ulu (Oku) Timur tiga orang, yakni EW (44), BG (36), dan KS. Dua pelaku lainnya asal Sukabumi, Jawa Barat, yaitu DS (39) dan LS (20).

Pelaku kejahatan melancarkan aksinya dengan mengempeskan dulu ban calon korbannya. Ketika korban turun dari mobil untuk meminta bantuan, di situ pelaku beraksi.

“Sampai kemarin, kami mengamankan lima orang. Pelaku memecah kaca dengan alat yang sudah disiapkan, dengan terlebih dahulu gembos ban. Barang-barang langsung dijual ke arah Sumatera. Kami terpaksa tembak kaki salah satu penjahat itu karena berusaha melakukan perlawanan,” kata Kapolres Serang Kota, AKBP Maruli Ahiles Hutapea, Senin (13/09/2021).

Berdasarkan bukti dan keterangan pelaku yang ditangkap, polisi menduga masih ada tersangka lainnya. Karenanya, Polres Serang Kota masih mengembangkan kasus tersebut, termasuk mengejar penadahnya yang berada di Sumatera.

“Kami sedang mengembangkannya, tempat menaruh barang curian. Kita akan kejar (pasal) 480 (penadah) nya,” jelasnya.

Kejahatan dengan modus memecahkan kaca mobil dan menggembosi ban bukanlah pertamakali terjadi. Misalnya sembilan bandit lintas daerah spesialis pecah kaca dan kempes ban mobil dibawa ke rumah sakit setelah dihujani peluru Tim Jawara dan Resmob Polda Banten. Dari kesembilan pelaku yang terluka, empat diantaranya diharuskan menjalani rawat inap di RSUD dr Drajat Prawiranegara di Kota Serang (Baca: Polda Banten Tangkap 9 Bandit Spesialis Pecah Kaca dan Kempes Ban).

Kesembilan pelaku itu, AR, 39, warga Desa Kalang Satria, Tambun Utara, Bekasi, YA, 39, AD alias Hasbi, 42, US, 20, YS alias Ucu, 34, dan HE, 36, kelimanya merupakan warga Desa Maung Jaya, Kayu Agung, Sumatera Selatan.

Baca Juga:   Polres Serang Kota Cek Harga Sembako di Pasar Induk Rau

Selanjutnya pelaku He alias Een, 52, warga Suka Bangun I, Kecamatan Sukalami Indah, Kota Palembang-Sumsel, MD, 50, warga Kelurahan Kasau Jaya, Kecamatan Asal Jaya, Kalimantan Barat dan TP, 40, warga Kelurahan Eno, Pekan Baru-Riau.

Kesembilan tersangka yang berasal dari berbagai provinsi ini ditangkap di lokasi dan waktu berbeda di wilayah Kabupaten Serang sepanjang Kamis (12/3/2020) hingga Minggu (15/3/2020). Barang bukti yang diamankan yaitu 3 unit motor jenis Yamaha RX King dan 1 unit motor Suzuki FU yang digunakan sebagai sarana kejahatan. (Reporter: Yandhi Deslatama / Editor: IN Rosyadi)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait