Program Penataan Kawasan Kumuh di Kab Tangerang Tetap Dilanjutkan

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar Soal Kawasan Kumuh Miskin. (Foto: Pemkab Tangerang)

Program penataan Kawasan Padat Kumuh Miskin dan Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Tangerang tetap berlanjut, meskipun di tengah pandemi Covid 19. Program ini dipertahankan setelah terjadi refocusing anggaran.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menuturkan pada masa pandemi COVID-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang masih melaksanakan program-program pembangunan tahun 2020 – 202, salah satu diantara yang masih terus berlanjut pembangunan kawasan padat kumuh miskin.

Zaki memaparkan, penanganan kawasan kumuh dan rumah tidak layak huni tersebut yakni Pogram Pakumis Plus (Gerakan Bersama Rakyat Atasi Kawasan Padat, Kumuh dan Miskin).

Lalu Program penataan kawasan perumahan dan permukiman di pesisir melalui Gerbang Mapan (Gerakan Pengembangan Masyarakat Pantai). Kemudian Rencana Program Penataan Kawasan perumahan dan Permukiman Skala Besar (Tahun 2021).

Baca:

“Selain itu ada juga Rencana Program Pembangunan Rumah Susun Pekerja Industri, Aparatur Sipil Negara, dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (Tahun 2021). Lalu Inovasi Pembangunan Perumahan dan Permukiman dalam Menghadapi Pandemi COVID-19,” kata Zaki pada acara Webinar Peringatan Hari Habitat Dunia Tahun 2020.

Sementara itu Plt Sekjen Kementrian PUPR, Anita Firmanti berharap upaya percepatan pemenuhan permukiman dan perumahan layak huni dan berkelanjutan ini dapat segera terwujud. Ia juga mengatakan, kegiatan Webinar ini sebagai ajang penting dalam strategi pembangunan, tatakelola kelembagaan pembiayaan berkolaborasi dan pemberdayaan serta kendala permasalahan yang dihadapi termasuk upaya pembangunan pada era adaptasi kebiasaan baru oleh berbagai aktor pembangunan baik di tingkat pusat dan daerah.

Untuk diketahui Webinar ini di selengarakan selama 3 hari mulai dari tanggal 28 September sampai dengan 30 september 2020 yang di ikuti oleh 746 orang peserta yang berasal dari unsur pemerintah, Pemerintah Daerah, Akademisi, Swasta dan Masyarakat. “Saya mengapresiasi kepada narasumber yang telah berkenan memberikan pencerahan terkait pembangunan pertumbuhan di Kota/Kabupaten semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (Rivai Ikhfa)

Next Post

Pemkot Tangerang Bentuk SRC-PB Antisipasi Banjir Saat Musim Hujan

Sel Sep 29 , 2020
Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC-PB) Kota Tangerang dibentuk oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Anggota satuan ini terdiri dari Polres Metro Tangerang, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tangerang, BMKG, PMI dan organisasi terkait lainnya. Pembentukan SRC-PB ini bertujuan agar BPBD Kota Tangerang membuat skenario jika terjadi banjir di […]
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar Soal Kawasan Kumuh Miskin. (Foto: Pemkab Tangerang)