Gaya HidupInfo Sehat

Susu Kedelai Miliki Segudang Manfaat, Bantu Kontrol Gula Darah

Terdapat segudang manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya yang nikmat, minuman olahan kedelai ini pun kaya akan nutrisi yang butuhkan tubuh.

Susu kedelai merupakan produk dari olahan kedelai yang dihaluskan dan direbus. Hasl rebusan ini kemudian disaring untuk memisahkannya dengan endapan dan menghasilkan susu.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (15/3), kandungan yang terdapat di kedelai antara lain protein tinggi, natrium, riboflavin, kalsium, fosfor, dan berbagai aneka vitamin yang diperlukan tubuh.

Minuman tersebut juga aman dan halal untuk dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping untuk tubuh.

Bahkan untuk kondisi medis tertentu, seperti alergi laktosa atau susu sapi, susu kedelai ini bisa menjadi alternatif minuman sehat bagi setiap orang.

Berkat kandungan gizinya, berikut beberapa khasiat susu kedelai untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh.

  • Membantu proses pertumbuhan

Dikutip dari hellosehat, Rabu (15/3), manfaat minuman ini untuk mendukung proses tumbuh kembang pada anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini lantaran kandungan yang terdapat dari minuman tersebut, kaya akan protein.

Protein itu yang memegang peranan penting untuk berikan nutrisi pada tubuh. Selain itu, kedelai merupakan sumber protein nabati terbaik yang mudah dicerna oleh tubuh.

  • Membantu menurunkan tekanan darah

Menurut penelitian dalam American Journal of Hypertension (2014) membandingkan susu kedelai dengan susu sapi dalam menurunkan tekanan darah.

Hasilnya pun menunjukkan minuman itu mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan susu sapi pada pasien yang menderita hipertensi ringan sampai sedang.

Oleh sebab itu, penderita hipertensi dianjurkan untuk mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk jaga tekanan darah.

  • Membantu kontrol gula darah

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Archives Internal Medicine (2012) menunjukkan makanan yang diolah dari biji – bijian dapat bantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

Hal tersebut karena susu kedelai mengandung indeks glikemik yang rendah. Tak heran jika manfaat minuman itu disebut dapat bantu program diet pada pasien diabetes tipe 2.

  • Memberi nutrisi bagi Ibu hamil

Manfaat selanjutnya, berperan penting sebagai nutrisi untuk ibu hamil dan pertumbuhan janin. Sebab, yang terdapat dari susu kedelai mengandung folat atau vitamin B9.

Editor: Abdul Hadi

Abdul Hadi

SELENGKAPNYA
Back to top button