Tiga Klub Sepakbola Indonesia Liga 1 Dapat Lisensi Klub Profesional Sempurna dari AFC

Foto: Google

Tiga klub sepakbola yang berlaga di Liga 1 Gojek memperoleh lisensi klub profesional sempurna (Club Licensing Departement) dari Asian Football Confederation (AFC) tahun 2018. Sedangkan tujuh klub lainnya mendapatkan lisensi klub profesional dengan persyaratan yang harus dipenuhi paling lambat awal tahun 2019. Demikian pengumuman Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dikutip MediaBanten.Com dari pssi.org, Rabu (24/10/2018).

Tiga dari sepuluh klub itu lolos tanpa syarat atau disebut granted adalah Persija Jakarta, Arema FC dan Persib Bandung. Sedangkan tujuh klub lolos dengan syarat atau granted with sanctions adalah Madura United, PSM, Barito Putera, Persipura Jayapura, Borneo FC, Bhayangkara FC dan Bali United.

Ketujuh klub yang lolos dengan syarat ini harus memenuhi persyaratan hingga 31 Januari 2019. Pada proses Club Licensing Department setiap klub harus memenuhi lima syarat yang diberikan oleh AFC yakni sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal dan finansial.

Baca: Timnas Indonesia U-19 Masih Berpeluang Ke Babak 8 Besar Piala AFC 2018

Club Licensing Departement merupakan proses yang rutin dijalankan setiap tahun dari AFC ini diikuti oleh seluruh 18 klub Go-Jek Liga 1 yang dimulai April hingga September 2018 . PSSI mengamanahkan Club Licensing Committee yang berhak memutuskan lisensi diberikan atau tidaknya ke klub diketuai oleh Timmy Setiawan, sedangkan Club Licensing Appeal Committee dipimpin oleh Emmy Yatmini.

“PSSI mengapresiasi kerja klub untuk memenuhi persyaratan club licensing department. PSSI selalu mendukung serta mendampingi klub-klub untuk menjadi sebuah klub profesional dan layak berlaga di kompetisi Asia,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

“Tahun ini ada peningkatan jumlah klub yang mendapat lisensi club licensing department ini tentu sangat bagus bagi PSSI dan klub-klub itu sendiri. Kedepannya club licensing department akan dipresentasikan dalam kongres dan kami berharap semua tim Liga 1 mendapat lisensi ini,” tambahnya.

Nantinya hanya klub-klub yang lolos persyaratan Club Licensing Department yang bisa mengikuti kompetisi di tingkat AFC. Seperti Liga Champion Asia dan AFC Cup. Pada tahun 2019, Indonesia mendapat slot tiga, yakni dua tim di AFC Cup dan satu tim ke Kualifikasi Liga Champion Asia. Pada tahun 2018, dua klub yakni Bali United dan Persija Jakarta berlaga di AFC Cup 2018. (IN Rosyadi)

Berita Terkait