Wagub Tutup Gelaran Silaturahmi Pencak Silat Se-Banten

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menutup acara Silaturahmi Pencak Silat se-Banten di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (2/4/2019). Kegiatan tersebut digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten serta diikuti 33 Peguron.

Andika Hazrumy mengatakan, selaku Wakil Gubernur Banten melihat prosesi acara silaturahmi pencak silat tingkat Provinsi Banten ini adalah suatu hal yang penting, karena dapat menguatkan konsolidasi kebersamaan dari seluruh peguron-peguron untuk dapat meningkatkan prestasi pencak silat baik tingkat nasional maupun internasional.

“Tadi kita telah melihat bahwa ada 3 perwakilan dari Kontingen pencak silat Provinsi Banten, yang alhamdulillah menyabet gelar juara dunia. Jadi dalam konteks prestasi ini dibutuhkan kebersamaan dan sinergitas yang memang harus kita bangun dari seluruh stakeholder,” ujar Andika dalam sambutannya.

Baca: Deden: Pencak Silat Dijadikan Ikon Pembangunan Mental Masyarakat Banten

Andika menuturkan, dengan gelaran silaturahmi pencak silat merupakan satu perwujudan komitmen dari pemerintah provinsi Banten dalam menjaga, dan merawat warisan budaya pencak silat khususnya yang ada di Provinsi Banten.

“Saya melihat sudah selayaknya pencak silat diberikan panggung yang mewah seperti ini, pencak silat diberikan panggung yang megah ini. Kita sudah harus melihat pencak silat ini adalah sesuatu yang bisa menggabungkan persatuan dan kesatuan bangsa, persatuan dan kesatuan dari masyarakat Banten itu sendiri,” katanya.

Andika menilai, kedepan harus dibuat program khusus. Selain dari silaturahmi, dibuat pula ajang kompetisi pencak silat yang disupport oleh Pemprov Banten baik tingkat Provinsi maupun nasional.

Sementara Kadispora Banten, Deden Apriandhi Hartawan mengatakan, dengan kegiatan ini pihaknya ingin mengkristalisasi potensi pencak silat di Banten. Karena selama ini orang lain mengetahui Banten sebagai tanah jawara, banyak pendekar, dan pesilat. Tetapi secara konrit jarang sekali dipersatukan dalam suatu forum.

“Alhamdulillah Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur memerintahkan kepada kami (Dispora Banten-Red) untuk mengkristalisasi potensi-potensi persilatan. Sehingga kita bisa mengklasifikasi potensi apa saja, ternyata kita banyak potensinya,” katanya seusai kegiatan berlangsung.

Deden mengatakan, kegiatan ini akan dijadikan sebagai agenda tahunan bagi Dispora Provinsi Banten. Ia menuturkan, kedepan untuk lokasinya sendiri kemungkinan akan dilaksanakan di tempat lain. (Sofi Mahalali)

Berita Terkait