Tekno

TV Analog Dimatikan, Ini Keluhan di Serang Soal Siaran TV Digital

Siaran TV analog sudah disuntik mati atau analog switch off (ASO) mulai Kamis dinihari (3/11/2022). Namun siaran tv digital masih banyak dikeluhkan warga seperti sinyal sering menghilang dan gambar putus-putus.

Keluhan itu di antaranya warga Dalung, Kota Serang. “Televisi kami sudah diganti dengan Smarth TV dan menggunakan antena digital, tetapi siarannya hanya beberapa chanel. Itu pun bukan siaran yang kami sukai,” kata Aini yang tinggal di Graha Dalung Regency (GDR) Kota Serang.

Dia membenarkan, sebagian besar siaran TV analog sudah tidak bisa dilihat, tetapi masih ada beberapa yang bisa ditangkap di televisi. Stasiun itu RCTI, Inews, MNC TV dan Ant TV.

“Gambarnya sih runyek kayak banyak semutnya. Terkadang jelas, terkadang malah hanya ada bintik-bintik,” katanya.

Juju, ibu rumah tangga di perumahan tersebut mengaku kesal dengan migrasi siaran televisi digital. “Enggak ada yang dapat, sudah pake setbox tetap aja enggak bisa. Bikin susah orang gak punya kalau begini,” katanya.

Keluhan serupa juga dikemukakan warga di Kecamatan Serang. “Susah nangkepnya. Pusing. Saya pakai TV kabel saja. Kasihan bikin repot orang rumah, biar ada hiburannya,” kata Ucu, warga di Bunderan Ciceri, Kota Serang.

Nitizen juga memposting keluhan soal tidak tertangkapnya siaran TV digital. “Ada yang tahu cara scan TV digital di daerah Klaten Jawa Tengah nggak ya? Ini nyari channel kosong nggak ada apa apa,” kata Ridwan Hanif @ridwanhr dalam cuitannya di Twitter.

Sedangkan akun JinX*Jpro @nwrhdyth menyuarakan keprihatinannya. “W mah kpikiran org desa yg cuma pnya tv analog, baayangin hiburannya cuma tv itu. Boro2 mau beli stb-stb, tau aja nggak. Smoga itu cuma keresahan w doang, di kenyataaannya gak ada,” cuitnya.

Akun SCTV @sctv di twitter mempertanyakan ketegasan Kominfo dalam tindakan menyuntik mati siaran TV analog. “Siaran tv analog resmi dihentikan per 2 November 2022. Namun ternyata, masih ada saluran TV yang tetap bisa disaksikan melalui TV analog. Kominfo tak tegas? #Liputan6SCTV,” cuit akun tersebut.

Plt Dirjen Penyelenggaran Pos dan Informatika Kominfo, Ismail membenarkan masih adanya stasiun televisi yang masih menyiarkan siaran TV analog.

“Berdasarkan hasil monitoring di posko, ini dari 25 stasiun TV analog masih ada 5 stasiun yang on. 4 di antaranya dari MNC group, 1 dari ANTV,” ujar Ismail seperti dilansir cnnindonesia.com.

Sebelumnya, Meski masih ada stasiun televisi yang menyiarkan siaran TV analog, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny Gerard Plate mengapresiasi peralihan siaran televisi analog ke digital mulai pukul 00.00 WIB, Kamis (3/11/2022) (Baca: Menkominfo Apresiasi Mulai Peralihan Siaran TV Analog ke Digital).

Menkominfo meminta kerja sama stasiun televisi agar bisa mengembangkan ekosistem siaran televisi digital untuk layanan terbaik bagi masyarakat.

“Kita dapat memulai hal yang baru dalam sejarah dan perjalanan pertelevisian nasional Indonesia. Akhirnya Indonesia memasuki era digital broadcasting,” kata Johnny Gerard Plate, Menkominfo dalam rilis yang dikutip MediaBanten.Com, Kamis (3/11/2022).

Menkominfo dalam soal kerja sama peralihan siaran TV analog ke digital itu mengucapkan terimakasih pada sahabat, lembaga pemerintah pusat dan daerah, pemilik dan pemimpin media televisi nasional. (* / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button