100 Peserta Akan Ikuti Jambore Pemuda Daerah di Walantaka

Foto: Istimewa

Sebanyak 100 orang dari Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) dari delapan Kabupaten dan Kota se-Provinsi Banten menjadi peserta Jambore Pemuda Daerah (JPD) di Bumi Perkemahan Lebakwangi, Kecamatan Walantaka, Kota Serang. Jambore itu akan digelar 26-28 Juli 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Deden Apriandhi kepada MediaBanten.Com, Kamis (19/7/2018) mengatakan, para peserta jambore akan diuji mengenai wawasan kebangsaan dan kedaerahan. Selain itu, mereka akan menampilkan kreativitas melalui pentas budaya untuk meningkatkan wawasan dan komunikasi dan kemandirian pemuda.

“Melalui kegiatan ini para pemuda diharapkan dapat mengembangkan diri melalui proses interaksi budaya dan kreativitas lokal. “Diharapkan, ini menjadi kekuatan bersama dalam menjauhkanpemuda dari kegiatan yang destruktif dengan memberikan kegaitan positif, sekaligus memberikan kemapuan teknis,” katanya, seraya menambahkan peserta JPD yang lolos nanti akan diikutsertakan dalam Jambore Pemuda Indonesia (JPD) yang skalanya nasional.

Baca: Persit Kartika Chandra Kirana Rem 064 Kunjungi Sentra Pengrajin Pandan Pandeglang

Sementara itu, Maman Rahman, Ketua Pelaksana JPD mengatakan, pembukaan JPD Banten dijadwalkan akan dibuka oleh Wakil Gubernur Banten H.Andika Hazrumi Acara diawali dengan Tarian dan Debus Seni Budaya khas Banten  dengan Tari Sambut tamu kehormatan yang akan ditampilkan Oleh Alumni Pertukaran pemuda Antar provinsi (PPMI).

Maman berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran dan rasa cinta tanah air, memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta dapat meningkatkan kreativitas, sehingga pemuda daerah, Banten khususnya dapat memiliki karakter, daya saing, kemandirian dan jati diri. (Adityawarman)

Berita Terkait