Edukasi

Kepala BPMP Banten Ingin Seluruh Sekolah di Banten Jadi Terbaik

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Banten resmi menggelar kegiatan Forum Pemangku Kepentingan Program Sekolah Penggerak (PSP), di Grand Ballroom Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Senin (30/9/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 88 orang, baik dari BPMP Banten, Dindikbud Banten, PMO Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, perwakilan PSP angkatan 2 dan 3 dari jenjang PAUD hingga SMA, serta stakeholder.

Penandatangan dokumen dilakukan oleh Kepala BPMP Banten, Afrizal Sihotang mengenai forum pemangku kepentingan program sekolah penggerak

Dalam sambutannya, Kepala BPMP Provinsi Banten, Afrizal Sihotang menyampaikan bahwa program sekolah penggerak ini, hadirnya Kemendikbud di sekolah – sekolah yang ada di Provinsi Banten dilakukan secara gotong royong.

“Jadi harus ada komitmen kita bersama untuk mendukung program sekolah penggerak ini,” katanya.

Terutama, kata Afrizal, untuk PSP angkatan kedua dan angkatan ketiga akan mendapatkan predikat setelah tiga tahun menyelesaikan program sekolah penggerak dengan baik.

“Untuk angkatan pertama, allahamdulilah sudah menyelesaikan dengan baik,” jelasnya.

Kepala BPMP juga mengatakan bahwa sekolah penggerak berbeda dengan sekolah yang lain.

Hal yang menjadi perbedaannya adalah dari sistem seleksinya karena kepala sekolah yang diseleksi secara langsung.

Afrizal menambahkan bahwa sekolah yang ditunjuk menjadi sekolah penggerak tidak hanya dari sekolah favorit namun semua kepala sekolah bisa mengikuti seleksi.

“Jadi tidak hanya dari sekolah favorit, sekolah yang banyak muridnya atau sekolah yang ada di Kota saja. Semua kepala sekolah bisa diseleksi,” jelasnya.

Dalam sesi wawancara, Afrizal menyebut program sekolah penggerak diharapkan untuk menghadirkan Kemendikbud di sekolah yang ada di Provinsi Banten.

“Artinya, kami bersama – sama dari semua direktorat untuk bisa mengintervensi sekolah – sekolah agar menjadi sekolah yang terbaik,” tuturnya.

Sedangkan untuk total sekolah penggerak terdapat 397 sekolah di Provinsi Banten.

Atas dasar hal itu, Ketua BPMP Banten berharap tidak hanya 397 sekolah yang berpredikat sekolah penggerak tetapi seluruh sekolah yang ada di Provinsi Banten harus berpredikat sekolah penggerak.

“Tentu kita ingin semua sekolah yang di Provinsi Banten menjadi sekolah penggerak,” harapnya.

Berikut Tujuan Kegiatan Forum Pemangku Kepentingan Program Sekolah Penggerak:

  1. Menjaring kendala, permasalahan, dan praktik baik dalam implementasi PSP Angkatan 2 dan PSP Angkatan 3;
  2. Menjaring komitmen pemerintah daerah, satuan pendidikan (satpen) pelaksana PSP Angkatan 2 dan 3 , dan pemangku kepentingan pendidikan di daerah terkait implementasi PSP.
  3. Menyamakan persepsi terkait peran dan tanggung jawab pemerintah daerah, satpen pelaksana PSP, dan pemangku kepentingan pendidikan di daerah terkait implementasi PSP.
  4. Menyusun rencana tindak lanjut terkait apa yang akan dilakukan untuk mendukung implementasi PSP.

Abdul Hadi

Abdul Hadi

Back to top button