News

Ratusan Siswa SD Gugus 2 Kecamatan Serang Diajarkan Manasik Haji

Gugus 2 melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam, melaksanakan Program Kegiatan Manasik Haji Kecamatan Serang, Kamis (10/10/2024).

Kegiatan manasik haji gugus 2 ini digelar di SDN Kaloran Kidul dengan 9 sekolah yang tergabung yang ada di Kecamatan Serang Kota Serang.

Adapun sembilan SD yang Tergabung yaitu SDN Kaloran Kidul, SDN Serang 7, SDN Lontar Baru, SDN Serang 10, SDN Serang 6, SDN Kemang, SDN Cikulur, SD IT Khalifah dan SD IT Widia Cendikia

Dalam manasik haji ini siswa didampingi oleh beberapa guru, seluruh peserta manasik haji tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 Wib. Peserta akhwat memakai pakaian ihrom serba putih, sementara peserta Ikhwan mengenakan kain ihrom yang dipandu pemakaiaannya oleh para pembimbing manasik haji.

“Alhamdulilah sukses dan berjalan lancar. Total siswa yang ikut manasik haji ada 300 orang lebih, perwakilan sekolah masing masing ada kurang lebih sekitar 30-40 orang,” ungkap Kepala Sekolah SDN Kaloran Kidul H. Imam Rosidi.

Adapun kegiatan manasik haji gugus 2 kecamatan diadakan dengan tujuan membentuk karakter anak yang Berkarya, Berkarakter, dan Religius.

“Manasik haji ini membentuk karakter anak sesuai profil pancasila berkebhinekaan Global, dan bernilai regilius,” terangnya.

Dengan kegiatan manasik haji ini pihaknya berharap anak anak mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang bermanfaat, sehingga mencetak anak anak selalu bersyukur dan bertaqorrub kepada Allah SWT.

“Sehingga kedepan pelaksanaan manasik ini bisa lebih meriah dan sukses lagi dari sebelumnya,” harapnya.

Sementara, Pembimbing manasik haji, Ustad Tb H. Ruri Haris menambahkan, manasik haji ini memberikan pembelajaran terkait bacaan-bacaan doa secara baik dari rukun-rukun sesuai bacaan dengan Haji sebenarnya.

“Mulai dari pembacaan real sesuai haji sebenarnya rukun rukun nya pun dilaksanakan seperti wukuf di Arofah, Ambil batu di Muzdalifah, balang jumrah di Mina, Thowaf , Sya’i dan tahalul,” pungkasnya.

Aden Hasanudin / Editor: Abdul Hadi

Aden Hasanudin

Back to top button