Sosial

DPRKP Kota Serang: Tak Ada Klaster Non Muslim di TPU Terumbu

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Serang memastikan, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Syarif Hasan di Kelurahan Terumbu, Kecamatan Kasemen, untuk warga muslim. Tidak ada klaster untuk makam non muslim.

Demikian disampaikan Kabid Perumahan DPRKP Kota Serang Dadan Priyatna saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor DPRKP Kota Serang, Puspemkot Serang, KSB, Kota Serang, Jumat (30/7/2021).

“Klaster non-muslim sudah disiapkan di Sayar (Kecamatan Taktakan), yang di TPU Syarif Hasan itu akan sesuai keinginan masyarakat (khusus muslim),” ungkapnya.

Dadan mengatakan, hal ini hanya salah paham. Sebab warga mengacu pada site plan, yaitu gambar rencana pembangunan yang justru baru berupa konsep. “Gambar itu belum dilakukan pembahasan rencana pembangunan, belum ada persetujuan dari DPRD, dan belum ditandatangani oleh pak Kadis,” katanya.

Kata Dadan, site plan di lokasi TPU yang terdapat pemakaman klaster non-muslim, akan direvisi dan diganti. Sebab, pada saat itu gambar dibutuhkan segera lantaran untuk kepentingan pemakaman Covid-19.

Sebelumnya, warga Kelurahan Terumbu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang menolak rencana Pemkot Serang membangun tempat pemakaman umum (TPU) bagi non muslim di lingkungannya (Baca:Warga Terumbu Tolak Rencana Pemkot Serang Bangun TPU Non Muslim) .

Wakil Ketua Karang Taruna Keluarahan Terumbu Muhamad Izudin mengatakan, alasan penolakan itu, dikarenakan masyarakat di daerahnya 100% beragama Islam.

“Kami Karang Taruna Kelurahan Terumbu dan masyarakat, menolak adanya pembangunan klaster pemakaman non muslim di wilayah kami, yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Serang,” ungkapnya belum lama ini.

Selain itu ia memandang bahwa, Kelurahan Terumbu merupakan wilayah yang bersejarah, dan melahirkan ulama besar. Untuk itu, pihaknya tidak ingin marwah tanah leluhurnya tercoreng dengan adanya pemakaman klaster non muslim.

“Di Kelurahan Terumbu ini melahirkan sosok ulama besar dan kharismatik, yakni Kiai Buyut Beji, dan Kiai Terumbu. Jasanya cukup besar dalam penyebaran agama Islam,” ucapnya. (Reporter: Sofi Mahalali / Editor: IN Rosyadi)

Iman NR

Back to top button