Lili Romli : Generasi Unggul Harus Miliki Karakter Agar Mampu Beradaptasi

Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Banten, Profesor Lili Romli memandang bahwa generasi unggul di Banten, harus memiliki karakter agar mampu beradaptasi dalam perkembangan jaman.

Hal itu dikatakan Lili saat dimintai keterangan oleh awak media, dalam seminar nasional dan silaturahmi kerja ICMI Orwil Banten, di Gedung Negara Provinsi Banten, Selasa (18/2/2020).

Lili mengatakan, sumber daya manusia (SDM) di Banten tidak hanya memiliki kopetensi dan kecerdasan semata. Melainkan harus memiliki integritas.

“Jadi harus berkarakter pula. Atau yang dalam bahasa agamanya berakhlakul karimah,” katanya.

Apalagi, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pecten Wic terkait SDM yang unggul. Dari seratus faktor, integritas menduduki urutan kelima. Sementara kecerdasan menduduki urutan kedua puluh.

“Kita mengharapkan nantinya, SDM yang unggul ini mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada,” kata Lili.

Kata Lili, mengutip teori Charles Darwin. Bukan orang yang kuat dan pintar yang dapat bertahan di alam ini. Melainkan, spesies yang mampu beradaptasi.

“Jadi kita menginginkan, di dunia yang perubahannya cepat ini. Perlu SDM yang yang mampu beradaptasi. Nah kita ingin menciptakan SDM yang bisa beradaptasi,” katanya.

Kemudian saat ditanya soal tantangan Gubernur Banten Wahidin Halim, bahwa ICMI Orwil Banten harus mempu memberikan kontribusi dalam pembangunan Banten. Lili mengaku, akan berdiskusi lagi dengan Gubernur Banten. Sebab, pihaknya ingin mengetahui terlebih dahulu, ICMI dibutuhkan dalam bidang apa kontribusinya.

“Saya kira persoalan pertanian, dan ekonomi kerakyatan yang memang perlu kontribusi dari ICMI,” katanya. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait