Baznas Kota Serang Capai Zakat Rp1,3 Miliar Per Bulan Juni

zakat asn kota serang
zakat asn kota serang

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Serang mencatat laporan pencapaian zakat di Kota Serang per bulan Juni ini mencapai Rp1,3 miliar.

Demikian dikatakan Ketua Baznas Kota Serang Habibi, seusai melaporkan penerimaan dan kegiatan penyaluran zakat selama enam bulan terakhir, di Ruang Kerja Walikota Serang, KSB, Kota Serang. Rabu (1/7/2020).

Habibi menuturkan, untuk di 2020 ini pihaknya menargetkan dapat menghimpun uang zakat sebanyak Rp2,5 miliar. Uang itu nantinya akan digunakan untuk beberapa perogram yang direncanakan.

Di antaranya memberi bantuan bagi warga tidak mampu yang terdampak pandemi Covid-19, di enam Kecamatan di Kota Serang. Kemudian akan disalurkan bagi guru ngaji dan lansia, bantuan bagi siswa SD dan SMP yang kurang mampu, bedah rumah serta bedah warung, dan kegiatan perayaan Hari Raya Idul Adha.

Baca:

Sedikit Peningkatan

Habibi membeberkan, tahun 2020 ada sedikit peningkatan, per enam bulan terkahir, dari target Rp 2,5 miliar sudah tercapai 50 persen lebih dari target yang diinginkan.

“Kami ingin Rp 2,5 miliar bisa tercapai (tahun 2020), alhamdulillah sampai enam bulan ini tercapai Rp 1,3 miliar,” katanya.

Kata dia, uang zakat yang terhimpun berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Serang. Namun untuk dari masyarakat pihaknya belum mampu menggerakan secara maksimal.

“Masih didominasi dari ASN (Kota Serang). Ini juga sudah dipotong secara otomatis dari ASN melalui bank. Jumlah ASN 15.000 pegawai ASN Pemkot Serang,” jelasnya.

Sementara, Wali Kota Serang Syafrudin mengaku serius dalam urusan zakat. Terlebih dalam urusan peningkatan uang ini yang dihimpun di Kota Serang.

“Saya sudah serius urusan zakat, bahkan ketika saya baru dilantik, saya yakin zakat di Kota Serang akan meningkat. Alhamdulilah saat ini juga zakat itu sudah mencapai Rp 1,3 miliar dari target Rp 2,5 miliar. Masih tersisa enam bulan kedepan untuk pencapaiannya. Optimis tercapai,” paparnya. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait