Berburu Kuliner Khas di Serang dan Cilegon

Jika berkunjung ke suatu daerah, rasanya kurang lengkap jika tidak “berburu” kuliner di daerah itu. Nah, bagi orang yang datang ke Kota Serang dan Cilegon, cobalah masakan khas di sejumlah rumah makan di bawah ini.

 

RUMAH MAKAN BEBEK PAK NDUT SERANG

Ada beberapa jenis menu yang dapat Anda nikmati, diantaranya Bebek Sambal Korek, Ijo, Sangan, Remuk, Serundeng, Kremes, Asam Manis, dan Lada Hitam. Trio sambal super pedas yang wajib Anda coba ada Sambal Korek Kartasura, Sambal Lombok Ijo, dan Sambal Sangan.Salah satu menu favorit yang rendah kolesterol adalah Sangan. Diproses dengan cara disangan dalam wajan khusus dari tanah liat, daging yang matang memiliki aroma khas menggugah selera makan. Begitu pula dengan sambalnya, semua bumbu dibakar terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Jadi kebayang bukan kenikmatan menu ini

Lokasi: Jalan Kiajurum No.10 Kelurahan Cipocok, Kecamatan Cipocok Jaya, Serang. Call reservasi di (0254) 8496 055 atau 08 777 133 0332.

 

RUMAH MAKAN TAKTAKAN

Sop Ikan merupakan menu andalan dari Rumah Makan (RM) Taktakan. Sop ikan disajikan dalam mangkuk besar untuk dikonsumsi oleh empat orang. Campuran yang khas adalah daun kemangi, potongan tomat hijau, irisan bawang bombay, cabe rawit dan lainnya. Sop ini dihidangkan dalam keadaan panas. Jenis ikan dalam sop ini adalah Tenggiri. Harganya memang di atas Rp100.000 per mangkuk besar.

Selain sup ikan ada juga menu berbahan ikan lain yang rasanya tidak kalah lezat yaitu Soto Gurame dengan harga Rp 105.000 per porsi. Kalau setengah porsi Rp 60.000, Ikan Gurame Bakar, Gurame Goreng, Gurame Cobek, Gurame Bumbu Acar, Gurame Asam Manis, dan Ikan Gurame Sambal Cabe Ijo dengan harga masing-masing juga Rp 105.000 per porsi dan Rp 60.000 untuk setengah porsi.

Rumah Makan Taktakan ini sudah memilik cabang di beberapa tempat di Kota Serang dan Cilegon. Khusus di Kota Serang bisa ditemukan di;

Lokasi:

Jl. Taman Baru, RT. 18 / RW. 16, Kec. Serang, Banten 42162

No Telepon: (0254) 7075252

Jam Buka: 08.00 pagi – 09.00 malam

 

RM Taman Taktakan

Jl. Yusuf Martadilaga, Kebon Jahe

Serang, Banten

Telp : 0254 210745

 

RABEG KHAS SERANG H NASWI

Mampir ke Serang tentu harus coba rabeg. Rabeg adalah sup khas Banten mirip semur daging Betawi namun dengan kuah lebih encer. Di ‘H.Naswi’ , sajian rabeg berisi daging kambing, daging sapi serta iga kambing dengan kuah coklat manis pedas. Selain rabeg, disini tersedia aneka sate mulai dari ayam, kambing dan sapi. Bumbu kacang satenya disebut lebih encer dan gurih. Menu lain aneka sop dan nasi rames juga ada disini.

 

Rabeg Khas Serang ‘H. Naswi’

Jl. Mayor Syafe’i No. 30 (depan rutan Serang)

Serang, Banten

Telp : 0254 221234

 

NASI SUMSUM BAKAR MANG PURI

Ini salah satu sajian khas Banten. Anda bisa menikmatinya di warung tenda Mang Puri legendaris yang telah berdiri sejak 1941. Disajikan dalam bungkus daun pisang, ada berbagai pilihan nasi bakar sumsum, mulai dari biasa, isi otak sapi, ati ampela, daging kerbau, sosis, hingga spesial. Selain nasi bakar sumsun, disini terdapat aneka sate termasuk sate sapi, kerbau, keong, dan lidah. Mau otak-otakpun ada di sini.

 

Nasi Bakar Sumsum Mang Puri

Jl. Pangeran Purbaya

Pasar Lama Depan Pelita

Serang, Banten

Telp : 0254 7063881 / 081388218329

 

SATE BANDENG BU ALIYAH

Makanan yang biasa jadi oleh-oleh jika habis jalan-jalan dari Banten ini salah satunya bisa dinikmati di rumah makan Bu Aliyah. Terdapat pilihan original atau pedas, keduanya sudah bebas duri. Adonan sate disini terdiri dari ikan bandeng, ketumbar, dan parutan kelapa. Rasanya gurih sedikit manis. Bila ingin dibungkus, sate bandeng tahan 3-4 hari diluar kulkas.

Sate Bandeng Ibu Aliyah

Jl. Sama’un Bakri Rt 01/1 Lopang Gede No.21

Serang, Banten

Telp : 0254 206129

 

RUMAH MAKAN BU ENTIN

Untuk seafood lovers yang sedang berlibur ke Serang, Banten wajib datang ke rumah makan Ibu Entin. Di restoran ini, Anda akan disajikan makanan seafood dengan varian menu yang sangat menggugah selera. Seperti cumi bakar, otak-otak, ikan bakar, ikan goreng, dan masih banyak lagi. Rumah makan ini juga terkenal dengan sambal terasi yang super pedas, siap membakar lidah anda ketika mencicipinya. Jika ingin mengunjungi tempat ini ada baiknya tidak datang ketika jam makan siang jika tidak ingin mengantri panjang. Pasalnya, rumah makan ini selalu ramai setiap harinya.

 

Lokasi: Km. 4 Jl. Raya Serang – Pandeglang Karundang, Serang 42125, Indonesia

No Telepon: +62 813-8695-5151

Jam Buka: 07.30 pagi – 09.00 malam

 

NASI GONJLENG

Nasi gonjleng adalah kuliner sejenis nasi kebuli dengan aroma rempah-rempah yang disajikan dengan toping daging gulai, acar dan emping. Perpaduan rasanya sangat nikmat di lidah. Nasi gonjleng biasanya disantap ketika jam makan siang karena sangat cocok untuk mengisi perut lapar di siang hari. Selain nasi gonjleng, warung ini juga menyediakan menu lain seperti soto daging, tempe atau tahu bacem, satai meranggi, ikan bakar, dan berbagai macam pepesan yang siap memanjakan lidah Anda.

Lokasi: Jl. RA Kartini no. 2, Cilegon, Indonesia

No Telepon: +62 (254) 394454

Jam Buka: 07.00 pagi (jika delivery) – 8 malam

 

NASI TIMBEL ALAM SARI

Rumah makan ini menyediakan menu-menu masakan khas sunda seperti nasi timbel, ikan peda, sayur asam, sambel extra pedas dengan tambahan lalapan. Buat Anda yang ingin menu lain, restoran ini menawarkan gurame tepung goreng, udang bakar madu, dan tumisan daun kailan. Interior restoran yang berbentuk saung bakal membuat Anda merasa di rumah. Sementara letaknya di tengah persawahan yang membentang hijau semakin menambah suasana rumah. Jadi selain mengisi perut, Anda juga bisa sejenak untuk bersantai dan menghilangkan penat dengan memandang hijaunya persawahan.

Lokasi: Jalan Jendral Sudirman No. 8, Panancangan, Cipocok Jaya, Panancangan, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten 42124

No Telepon: 0878-8073-5888

Jam Buka: 10.00 pagi – 10.00 malam

 

SATE CILEGON

Siapa yang tidak suka sate? Mungkin ada namun tidak banyak orang yang tidak menyukai menu satu ini. Jika ingin makan sate ketika berlibur ke Serang, Banten, Anda bisa mengunjungi rumah makan Sate Cilegon. Di sini menyajikan beberapa jenis sate seperti satai kambing dan satai ayam. Dengan 2 jenis bumbu, yaitu bumbu kecap manis pedas dan bumbu kacang yang renyah. Selain sate, terdapat pula olahan-olahan lainnya seperti sop buntut, gulai, dan sayur asam segar. Untuk minuman, di sini menyediakan es kelapa muda yang siap menyegarkan tenggorokan Anda.

Lokasi: Jl. Cut Nyak Dien, Jombang Wetan, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten 42411

No Telepon: 0877-7434-2572

 

RUMAH MAKAN LANGGANAN

Rumah makan terakhir yang berada daerah Serang Banten adalah RM Langganan Anda. Rumah makan ini hampir mirip dengan rumah makan Taman Taktakan, sama-sama menyajikan makanan berbahan dasar ikan. Menu yang terkenal di rumah makan ini adalah ikan bandeng tak berduri dengan rasanya yang enak. Selain itu ada pula menu sate bandeng yang tidak kalah enaknya. Untuk sate bisa makan di tempat atau dibawa pulang sebagai oleh – oleh. Pasalnya, satai ini bisa bertahan sampai 2 hari.

 

Lokasi: Jln. KH Khotib No 86, Serang 42117, Indonesia

No Telepon: +62 254 203757

(dari berbagai sumber / IN Rosyadi)

Berita Terkait