Kuliner

Walikota Serang Resmikan RM Saung Raja Ikan di Karangantu

Walikota Serang, Syafrudin meresmikan rumah makan Saung Raja Ikan di Karangantu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Rabu (31/8/2022). Kehadiran rumah makan khusus ikan ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Walikota Serang, Syafrudin mengapresiasi dengan adanya launching Saung Raja Ikan. Kehadirannya menjadi terobosan luar biasa dengan menyajikan kuliner khas ikan laut.

“Saya kira luar biasa, bisa dikunjungi dari mana-mana. Ini salah satu contoh. Semoga yang lain akan mengikuti. Potensi kuliner di Karangantu berupa ikan laut. Ikannya masih segar,” katanya.

Syafrudin menjelaskan, dengan diresmikan rumah makan tersebut dirasakan banyak manfaatnya, salah satu nya untuk mengurangi angka pengangguran.

Karena itu, Walikota Serang berharap, rumah makan Saung Raja Ikan mengutamakan penyerapan tenaga kerja setempat.

Namun Walikota Serang juga berpesan agar warga dan pengelola rumah makan tersebut mengutamakan kenyamanan para tamu.

Kehadiran rumah makan ini juga diharapkan bisa meningkatkan pendapat asli daerah dari Kecamatan Kaseman.

“Kalau sudah maju, kan bisa bayar pajak, bisa menunjang meningkatkan pendapatan asli daerah,” ujarrnya.

Pemilik Saung Raja Ikan, Jamaludin menuturkan, Saung Raja Ikan menyajikan makanan khas ikan laut dengan kualitas ikan nomor satu.

Jamal menambahkan, saat ini jumlah karyawan sebanyak 15 orang. Mereka yang berkerja merupakan warga di sekitar rumah makan.

“Kami mengutamakan warga di sekiar sini untuk menjadi karyawan. Kami membuat tempat ini senyaman mungkin, sehingga konsumen yang berkunjung bisa menikmati hidangan ikan laut,” ujarnya.

Menurut id.wikipedia, makanan laut sudah dikonsumsi manusia sejak zaman purba. Orang Mesir kuno memanfaatkan makanan laut sebagai sumber protein.

Makanan laut diperoleh dengan cara memancing di Laut Mediterania dan Sungai Nil, serta memelihara ikan di kolam. Orang Yunani kuno juga memakan ikan dan kerang-kerangan dalam bentuk segar atau kering

Makanan laut tersedia dalam bentuk segar, kering, atau beku. Ikan segar atau ikan beku biasanya dijual setelah dibekukan di dalam lemari es atau didinginkan dengan es.

Ciri-ciri ikan bermutu baik adalah warna tubuh ikan harus cerah, mengkilat, dan terlihat bagus. Ikan tidak berbau amis atau bau menyengat seperti amonia

Mata ikan harus terlihat cerah, jernih, dan menonjol keluar. Daging ikan tidak lunak dan lentur bila ditekan.

Bagian insang atau bagian yang mengandung pembuluh darah harus terlihat merah tua atau merah jambu, dan bukan warna coklat atau abu-abu. (Aden Hasanudin / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button